Materi Jaringan Dasar Kelas X
Kegiatan Belajar
1
PROTOKOL NETWARE
1)
NETWARE
NetWare
berkembang dari konsep yang sangat sederhana: file sharing, bukan disk berbagi.
Tahun 1983 ketika pertama versi NetWare dirancang, semua produk lainnya
bersaing didasarkan pada konsep berbagi langsung menyediakan akses disk. Novell
alternatif dari pendekatan telah divalidasi oleh IBM pada tahun 1984 dan
membantu mempromosikan produk mereka. Dengan Novell NetWare, ruang disk yang
dipakai bersama-sama dalam bentuk NetWare volumes, dibandingkan volume ke DOS. Klien harus masuk ke server untuk bisa mengembangkan
peta volume, dan akses dapat dibatasi sesuai dengan nama login. Demikian pula,
mereka dapat terhubung ke printer bersama berdedikasi pada server, dan cetak
seperti printer yang terhubung secara lokal. Pada akhir 1990-an, dengan
konektivitas Internet booming, Internet’s TCP / IP protokol menjadi dominan di
Lans. Novell telah memperkenalkan terbatas TCP / IP dukungan terhadap klien
file dan layanan cetak biasanya terkait dengan NetWare telah diperkenalkan di
NetWare v5.0 (dirilis pada 1998).
2)
NetWare : Sistem Network Operating System (NOS) dan Protokol Suite
Novell NetWare adalah sebuah Network Operating
System (NOS) yang menyediakan akses file, remote transparan dan berbagai
layanan jaringan terdistribusi, seperti sharing printer, email transfer dan
akses database.
NetWare
berjalan pada lima lapisan model referensi OSI, berjalan pada media protokol
apapun mulai dari Layer 2. Selain itu, NetWare berjalan pada hampir semua jenis
system komputer dari Computer ke mainframe. NetWare dan protokol pendukungnya
sering hidup berdampingan di saluran fisik yang sama dengan banyak protokol
populer lainnya, termasuk TCP / IP, DECnet, dan AppleTalk.
Novell NetWare mendukung permintaan layanan seperti
akses file dan akses printer dari server. Arsitektur Client - Server Client
juga mendukung akses remote transparan bagi pengguna netware melalui prosedur
remote panggilan. Yaitu Sebuah prosedur panggilan yang dimulai ketika program
Computer lokal pada client mengirimkan sebuah prosedur panggilan ke server.
Kemudian server mengeksekusi prosedur remote panggilan tsb dan mengembalikan
informasi yang diminta ke Client.
Efisiensi
NetWare Core Protocol (NCP)
Kebanyakan protokol jaringan yang digunakan
pada saat NetWare dikembangkan tidak mempercayai jaringan untuk menyampaikan
pesan. J khas membaca file klien akan bekerja seperti ini:
1. Membaca klien mengirimkan permintaan ke
server
2. Server mengakui permintaan
3. Klien mengakui sambutan
4. Server akan mengirimkan data yang diminta
ke klien
5. Klien mengakui data
6. Server mengakui penghargaan.
Sebaliknya, NCP didasarkan pada gagasan bahwa
jaringan bekerja dengan sempurna sebagian besar waktu, sehingga jawaban untuk
permintaan menjabat sebagai pengakuan. Berikut adalah contoh dari permintaan
klien membaca menggunakan model ini:
1. Client mengirimkan permintaan ke server
dibaca
2. Server mengirimkan data yang diminta ke
klien
Semua permintaan berisi nomor urut, jadi jika
klien tidak menerima tanggapan dalam jumlah yang tepat waktu yang akan mengirim
ulang permintaan dengan nomor urut yang sama. Jika server sudah diproses
permintaan itu akan mengirim ulang respon cache, jika belum punya waktu untuk
memproses permintaan itu hanya akan mengirim data.
Xerox
Network Services
Xerox Network Services (umum XNS) adalah sebuah
protokol suite promulgated oleh Xerox, yang disediakan routing dan pengiriman
paket, serta fungsi tingkat tinggi seperti streaming yang handal, dan jauh
prosedur panggilan.
Packet
(pup) protokol suite ada dilakukan pada akhir tahun 1970-an; beberapa protokol
dalam suite XNS telah dimodifikasi ringan versi yang pup di kamar. XNS
dimaksudkan untuk menjadi komersial keturunan penelitian / pengembangan
berorientasi PUP.
IDP adalah keturunan dekat pup dari internetwork
protokol, dan kira-kira terkait dengan IP (Internet Protocol) di lapisan TCP /
IP. Didesain dari awal untuk melengkapi Ethernet Local Area Network (juga
dikembangkan oleh Xerox), yang penuh XNS alamat jaringan terdiri dari 32-bit
nomor jaringan, yang 48-bit alamat host, dan 16-bit socket nomor; host alamat
biasanya host dari alamat MAC.
Ether Talk
EtherTalk merupakan implementasi dari IEEE (
Institute of Electrical dan Electronics Engineers) 802,3 Ethernet standar untuk
komputer Apple Macintosh. EtherTalk Adapters disediakan oleh Apple termasuk
media untuk Adapters tipis kawat koaksial, twisted-pasangan kabel, dan kabel
fiber optik. Card yang disebut Ethernet NuBus (NB) kartu untuk Macintosh IIS
atau kartu Ethernet LC untuk Macintosh LCS. Eksternal adaptor juga tersedia
untuk non-NuBus sistem. It attaches ke SCSI (Small Computer Sistem Interface) port.
Novell NetWare adalah sebuah Network
Operating System (NOS) yang menyediakan akses file, remote transparan dan
berbagai layanan jaringan terdistribusi, seperti sharing printer, email
transfer dan akses database. NetWare berjalan pada lima lapisan model referensi
OSI, berjalan pada media protokol apapun mulai dari Layer 2. Selain itu,
NetWare berjalan pada hampir semua jenis system komputer dari Computer ke
mainframe. NetWare dan protokol pendukungnya sering hidup berdampingan di
saluran fisik yang sama dengan banyak protokol populer lainnya, termasuk TCP /
IP, DECnet, dan AppleTalk.
Novell NetWare, diperkenalkan pada awal tahun
80an didasarkan pada Xerox Network Systems (Norton AntiVirus), didasarkan pada
Arsitektur Client - Server Client. Novell NetWare mendukung permintaan layanan
seperti akses file dan akses printer dari server. Arsitektur Client - Server
Client juga mendukung akses remote transparan bagi pengguna netware melalui
prosedur remote panggilan. Yaitu Sebuah prosedur panggilan yang dimulai ketika
program Computer lokal pada client mengirimkan sebuah prosedur panggilan ke
server. Kemudian server mengeksekusi prosedur remote panggilan tsb dan
mengembalikan informasi yang diminta ke Client.
Kegiatan
Belajar 3
SEJARAH
TCP/IP
1.Sejarah
TCP/IP
Sejarah TCP/IP dimulainya dari lahirnya
ARPANET yaitu jaringan paket switching digital yang didanai oleh DARPA (Defence
Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1969.Sementara itu ARPANET terus
bertambah besar sehingga protokol yang digunakan pada waktu itu tidak mampu
lagi menampung jumlah node yang semakin banyak.Oleh karena itu DARPA mendanai
pembuatan protokol komunikasi yang lebih umum, yakni TCP/IP.Ia diadopsi menjadi
standard ARPANET pada tahun 1983.
Pada awalnya internet digunakan untuk
menunjukan jaringan yang menggunakan internet protocol (IP) tapi dengan semakin
berkembangnya jaringan, istilah ini sekarang sudah berupa istilah generik yang
digunakan untuk semua kelas jaringan.Internet digunakan untuk menunjuk pada
komunitas jaringan komputer worldwide yang saling dihubungkan dengan protokol
TCP/IP.
Perkembangan TCP/IP yang diterima luas dan
praktis menjadi standar de-facto jaringan komputer berkaitan dengan ciri-ciri
yang terdapat pada protokol itu sendiri yang merupakan keunggulun dari TCP/IP,
yaitu :
·
Perkembangan protokol TCP/IP menggunakan standar protokol terbuka
·
Tidak
tergantung pada perangkat keras atau sistem operasi jaringan tertentu
·
Cara pengalamatan bersifat unik dalam skala global
·
TCP/IP memiliki fasilitas routing
Arsitektur dan Protokol Jaringan TCP/IP
Dalam
arsitektur jaringan komputer, terdapat suatu lapisan-lapisan ( layer )
yang memiliki tugas spesifik serta memiliki protokol tersendiri. ISO
(International Standard Organization) telah mengeluarkan suatu standard untuk
arsitektur jaringan komputer yang dikenal dengan nama Open System
Interconnection ( OSI ). Standard ini terdiri dari 7 lapisan protokol yang
menjalankan fungsi komunikasi antara 2 komputer. Dalam TCP/IP hanya terdapat 5
lapisan sbb :
·
Physical Layer
·
Data Link Layer
·
Network Layer
·
Transport Layer
·
Session Layer
·
Presentation Layer
·
Application Layer
Setiap paket IP membawa data yang terdiri
atas :
·
Version,
yaitu versi dari protokol IP yang dipakai.
·
Header
Length, berisi panjang dari header paket IP dalam hitungan 32 bit word.
·
Type of
Service, berisi kualitas service yang dapat mempengaruhi cara penanganan paket
IP.
·
Total length
Of Datagram, panjang IP datagram total dalam ukuran byte.
·
Identification,
Flags, dan Fragment Offset, berisi data yang berhubungan fragmentasi paket.
·
Time to
Live, berisi jumlah router/hop maksimal yang dilewati paket IP (datagram).
Nilai maksimum field ini adalah 255. Setiap kali paket IP lewat satu router, isi
dari field ini dikurangi satu. Jika TTL telah habis dan paket tetap belum
sampai ke tujuan, paket ini akan dibuang dan router terakhir akan mengirimkan
paket ICMP time exceeded. Hal ini dilakukan untuk mencegah paket IP terus
menerus berada dalam network.
·
Protocol,
mengandung angka yang mengidentifikasikan protokol layer atas pengguna isi data
dari paket IP ini.
·
Header
Checksum, berisi nilai checksum yang dihitung dari jumlah seluruh field dari
header paket IP.Sebelum dikirimkan, protokol IP terlebih dahulu menghitung
checksum dari header paket IP tersebut untuk nantinya dihitung kembali di sisi
penerima. Jika terjadi perbedaan, maka paket ini dianggap rusak dan dibuang.
·
Source
Address dan Destination Address, isi dari masing-masing field ini cukup
jelas, yakni alamat pengirim dan alamat penerima dari datagram. Masing-masing field
terdiri dari 32 bit, sesuai panjang IP Address yang digunakan dalam
Internet. Destination address merupakan field yang akan dibaca oleh setiap
router untuk menentukan kemana paket IP tersebut akan diteruskan untuk mencapai
destination address tersebut. Struktur IP Address ini secara lebih jelas akan
diuraikan pada bagian selanjutnya.
Pembagian Kelas IP Address
IP address digunakan sebagai alamat dalam
hubungan antar host di internet sehingga merupakan sebuah sistem komunikasi
yang universal karena merupakan metode pengalamatan yang telah diterima di
seluruh dunia. Jika suatu komputer memiliki lebih dari satu interface (misalkan
menggunakan dua ethernet) maka kita harus memberi dua IP address untuk komputer
tersebut masing-masing untuk setiap interfacenya.
IP address terdiri dari bilangan biner 32 bit
yang dipisahkan oleh tanda titik setiap 8 bitnya. Tiap 8 bit ini disebut
sebagai oktet.
IP Address dapat dipisahkan menjadi 2 bagian,
yakni bagian network (net ID) dan bagian host (host ID). Net ID
berperan dalam identifikasi suatu network dari network yang lain,
sedangkan host ID berperan untuk identifikasi host dalam suatu network.
Jadi, seluruh host yang tersambung dalam jaringan yang sama memiliki net
ID yang sama.
Aturan Dasar Pemilihan network ID dan host ID
Berikut adalah aturan-aturan dasar dalam menentukan
network ID dan host ID yang digunakan :
·
Network ID
tidak boleh sama dengan 127. Network ID 127 secara default digunakan sebagai
alamat loopback yakni IP address yang digunakan oleh suatu komputer untuk
menunjuk dirinya sendiri.
·
Network ID dan
host ID tidak boleh sama dengan 255 . Network ID atau host ID 255 akan
diartikan sebagai alamat broadcast. ID ini merupakan alamat yang mewakili
seluruh jaringan.
·
Network ID
dan host ID tidak boleh sama dengan 0 . IP address dengan host ID 0 diartikan
sebagai alamat network. Alamat network digunakan untuk menunjuk suatu jaringn
bukan suatu host.
·
Host ID
harus unik dalam suatu network. Dalam suatu network tidak boleh ada dua host
yang memiliki host ID yang sama.
Kegiatan
Belajar 5
Jaringan
Peer-to-peer (P2P)
Peer-to-peer (P2P) komputer atau jaringan
adalah arsitektur aplikasi terdistribusi yang partisi tugas atau beban kerja
antara rekan-rekan. Peer sama-sama istimewa, peserta equipotent dalam aplikasi.
Mereka dikatakan membentuk jaringan peer-to-peer node.
Peer membuat sebagian dari sumber daya
mereka, seperti kekuatan pemrosesan, penyimpanan disk atau bandwidth jaringan,
langsung tersedia untuk peserta jaringan lain, tanpa memerlukan koordinasi
pemerintah pusat dengan server atau host yang stabil. Peer keduanya pemasok dan
konsumen sumber daya, berbeda dengan model client-server tradisional di mana
hanya server pasokan, dan klien konsumsi.
Struktur aplikasi peer-to-peer dipopulerkan
oleh sistem file sharing seperti Napster. Paradigma komputasi peer-to-peer telah
mengilhami struktur baru dan filsafat di daerah lain interaksi manusia. Dalam
konteks sosial, peer-to-peer sebagai meme yang mengacu pada jejaring sosial
egaliter yang saat ini muncul di seluruh masyarakat, dimungkinkan oleh
teknologi internet pada umumnya.
Aplikasi Ada berbagai aplikasi jaringan
peer-to-peer. Yang paling umum dikenal adalah untuk distribusi konten
Pengiriman Konten
* Banyak jaringan berbagi file, seperti
Gnutella, FastTrack dipopulerkan G2 dan teknologi peer-to-peer. Sejak tahun
2004, adalah penyumbang terbesar dari lalu lintas jaringan di Internet.
* Peer-to-peer jaringan pengiriman konten
(P2P-CDN) (Giraffic, Kontiki, Ignite, RedSwoosh).
*
Perangkat Lunak publikasi dan distribusi (Linux, beberapa permainan); melalui
jaringan file sharing.
* Streaming media. P2PTV dan PDTP. Aplikasi
termasuk TVUPlayer, Joost, CoolStreaming, Cybersky-TV, PPLive, LiveStation
* Spotify menggunakan jaringan peer-to-peer
bersama dengan streaming server untuk streaming musik ke pemutar musik desktop.
* Peercasting untuk multicasting sungai.
Lihat PeerCast, IceShare, FreeCast, Rawflow
* Pennsylvania State University, MIT dan
Simon Fraser University membawa pada sebuah proyek yang disebut LionShare
dirancang untuk memudahkan file sharing antar lembaga pendidikan global.
* Osiris (tanpa server Portal System)
memungkinkan pengguna untuk membuat portal web anonim dan otonom
didistribusikan melalui jaringan P2P. Jaringan
* Domain Name System, untuk pengambilan
informasi internet. d. Perbandingan DNS perangkat lunak server
* Awan komputasi
* Dalesa peer-to-peer web cache untuk LAN
(berdasarkan IP multicasting).
Sains
* Dalam bioinformatika, obat identifikasi
calon. Program tersebut pertama dimulai pada tahun 2001 Pusat Komputasi
Penemuan Obat di Universitas Oxford bekerjasama dengan Yayasan Nasional untuk
Penelitian Kanker. Ada beberapa program serupa beberapa saat berjalan di bawah
Amerika Devices Cancer Research Project.
* Mesin pencari P2P sciencenet.
* BOINC
Pencarian
* YaCy, mesin pencari gratis didistribusikan,
dibangun di atas prinsip-prinsip jaringan peer-to-peer.
jaringan Komunikasi
* Skype, salah satu aplikasi internet yang
paling banyak digunakan telepon menggunakan teknologi P2P.
* VoIP
(protokol layer menggunakan aplikasi seperti SIP)
* Instant messaging dan chat online
* Lengkap desentralisasi jaringan peer:
Usenet (1979) dan WWIVnet (1987).
Umum
* Penelitian seperti proyek Chord,
penyimpanan LALU utilitas, P-Grid, dan isi CoopNet sistem distribusi.
* JXTA, untuk aplikasi Peer. Lihat Collanos
Tempat Kerja (Teamwork perangkat lunak), Sixearch.
Lain-lain
* Departemen Pertahanan AS telah memulai
riset tentang jaringan P2P sebagai bagian dari strategi perang modern jaringan.
Pada bulan Mei, 2003 Dr Tether. Direktur Defense Advanced Research Project Agency
bersaksi bahwa Militer AS menggunakan jaringan P2P.
* Kato et al. 'S penelitian menunjukkan lebih
dari 200 perusahaan dengan sekitar $ 400 juta USD berinvestasi di jaringan P2P.
Selain File Sharing, perusahaan juga tertarik Mendistribusikan Computing, Distribusi
Konten.
* Wireless komunitas jaringan, Netsukuku
* Sebuah generasi awal dari sistem
peer-to-peer disebut "metacomputing" atau yang diklasifikasikan
sebagai "middleware". Ini termasuk: Legion, Globus
Kegiatan Belajar 7
Protokol Pengalamatan IP.V4
·
Protokol
Protokol adalah sebuah aturan atau
standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan
perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat
diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada
tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.
Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada
internet.
·
Pengalamatan
IP v4
IPv4 menggunakan notasi biner yang
memiliki panjang 32 bit. Pada dasarnya, arsitektur IPv4 menganut konsep
classful addressing, yaitu pembagian ruang alokasi alamat ke dalam 5 kelas (50%
A, 25% B, 12.5% C, 6.25% D,dan6.25% E). Bila direpresentasikan dengan notasi
desimal, pembagian kelas ini dapat dilihat dari byte/oktet pertama seperti pada
Tabel :
Kelas
|
Byte pertama
|
A
|
0 – 127
|
B
|
128 – 191
|
C
|
192 – 223
|
D
|
224 – 247
|
E
|
248 – 255
|
Jenis alamat yang sering dipakai adalah
alamat kelas A,B, dan C, sedangkan alamat kelas D biasanya digunakan untuk keperluan
multicasting dan kelas E untuk keperluan Experimental. Pada IPv4 dikenal juga
istilah subnet mask yaitu angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan
network ID dan host ID.
·
IPv4
Address Syntax
Sistem pengalamatan pada IPv4
menggunakan notasi biner sebesar 32 bit yang dibagi atas 4 kelompok (setiap
kelompok terdiri dari 8 bit atau oktet) dan tiap kelompok dipisahkan oleh
sebuah tanda titik. IPv4 juga sering disebut sebagai sistem pengalamatan 4-oktet
atau pengalamatan 4-bytes (1byte= 8bit).Untuk memudahkan pembacaan, penulisan
alamat dilakukan dengan angka decimal dan diberi pemisah menggunakan tanda
titik(dot).
Dibawah ini contoh pengelompokkan IPv4
menggunakan notasi w, x, y, z
Sebagai contoh misalnya 100.3.1.100 yang
jika dinyatakan dalam binary menjadi 01100100.00000011.00000001.01100100. Dari
32 bit ini berarti banyaknya jumlah maksimum alamat yang dapat dituliskan
adalah 2 pangkat 32, atau 4.294.967.296 alamat. Format alamat ini terdiri dari
2 bagian, netid dan hostid. Netid sendiri menyatakan alamat jaringan sedangkan
hosted menyatakan alamat lokal (host/router). Dari 32 bit ini, tidak boleh
semuanya angka 0 atau 1 (0.0.0.0 digunakan untuk jaringan yang tidak dikenal
dan 255.255.255.255 digunakan untuk broadcast). Dalam penerapannya, alamat
internet ini diklasifikasikan ke dalam kelas (A-E).Alasan klasifikasi ini
antara lain :
-
Memudahkan sistem pengelolaan dan
pengaturan alamat-alamat.
-
Memanfaatkan jumlah alamat yang ada secara
optimum (tidak ada alamat yang terlewat).
-
Memudahkan pengorganisasian jaringan di
seluruh dunia dengan membedakan jaringan tersebut termasuk kategori besar,
menengah,atau kecil.
-
Membedakan antara alamat untuk jaringan
dan alamat untuk host/router
·
IPv4
Address Prefixes
Representasi prefix dari alamat IPv4
adalah menunjukkan banyaknya jumlah alamat pada IPv4.Unutk menetukan panjang
notasi dari alamat prefix, kamu bisa memulainya dengan cara merubah seluruh
variable bit menjadi 0, kemudian konversi ke notasi decimal, dan tambahka
potongan bit yang telah ditentukan(panjang prefix) diawal pengalamatan. Sebagai
contoh misalnya alamat IPv4 adalah 131.107.0.0/16 memiliki 16 bit yang telah
ditentukan (100000011 01101011). Awali pengalamatan dengan 16 bit sebelumnya
yang telah ditentukan, kemudian merubah 16 bit terahir menjadi bit 0, sehingga
hasilnya menjadi 1000000111 01101011 00000000 00000000 atau 131.107.0.0.
Kemudian tinggal menambahkan potongan bit yang telah ditentukan (/16) untuk
merepresentasikan alamat prefix dari 131.107.0.0/16.
·
Types
of IPv4 Addresses
Ada 3 model pengalamatan standar dari
pengalamtan IPv4, yaitu :
-
Unicast
-
Multicast
-
Broadcast
Kegiatan Belajar 9 : Subnetting
Classful
Subnetting adalah
proses memecah suatu IP jaringan ke sub
jaringan yang lebih kecil yang disebut "subnet." Setiap subnet
deskripsi non-fisik (atau ID) untuk jaringan- sub fisik (biasanya jaringan
beralih dari host yang mengandung satu
router -router dalam jaringan multi). Subnet dibuat untuk membatasi
ruang lingkup lalu lintas siaran, untuk menerapkan keamanan jaringan tindakan, untuk memisahkan
segmen jaringan berdasarkan fungsi, dan / atau untuk membantu dalam
menyelesaikan masalah kemacetan jaringan.
VLSM dan
Classful+Classless IP VLSM (Variable Length Subnet Mask) => Mengefisienkan
alokasi IP blok subnet dalam network. Contoh: diberikan Class C network
204.24.93.0/24, ingin di subnet dengan kebutuhan berdasarkan jumlah host:
netA=14 hosts, netB=28 hosts, netC=2 hosts, netD=7 hosts, netE=28 hosts. Secara
keseluruhan terlihat untuk melakukan hal tersebut di butuhkan 5 bit
host(2^5-2=30 hosts) dan 27 bit net, sehingga:
-
netA (14 hosts): 204.24.93.0/27 =>
ada 30 hosts; tidak terpakai 16 hosts
-
netB (28 hosts): 204.24.93.32/27 =>
ada 30 hosts; tidak terpakai 2 hosts
-
netC ( 2 hosts): 204.24.93.64/27 =>
ada 30 hosts; tidak terpakai 28 hosts
-
netD ( 7 hosts): 204.24.93.96/27 =>
ada 30 hosts; tidak terpakai 23 hosts
-
netE (28 hosts): 204.24.93.128/27 =>
ada 30 hosts; tidak terpakai 2 hosts
Dengan demikian
terlihat adanya ip address yang tidak terpakai dalam jumlah yang cukup besar.
Hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah pada ip private akan tetapi jika ini
di alokasikan pada ip public(seperti contoh ini) maka terjadi pemborosan dalam
pengalokasian ip public tersebut.
Untuk mengatasi hal ini
(efisiensi) dapat digunakan metoda VLSM, yaitu dengan cara sebagai berikut:
Buat urutan berdasarkan
penggunaan jumlah host terbanyak (14,28,2,7,28 menjadi 28,28,14,7,2). Tentukan
blok subnet berdasarkan kebutuhan host:
28 hosts + 1 network +
1 broadcast = 30 --> menjadi 32 ip ( /27 )
14 hosts + 1 network +
1 broadcast = 16 --> menjadi 16 ip ( /28 )
7 hosts + 1 network + 1
broadcast = 9 --> menjadi 16 ip ( /28 )
2 hosts + 1 network + 1
broadcast = 4 --> menjadi 4 ip ( /30 )
Sehingga blok
subnet-nya menjadi:
-
netB (28 hosts): 204.24.93.0/27 =>
ada 30 hosts; tidak terpakai 2 hosts
-
netE (28 hosts): 204.24.93.32/27 =>
ada 30 hosts; tidak terpakai 2 hosts
-
netA (14 hosts): 204.24.93.64/28 =>
ada 14 hosts; tidak terpakai 0 hosts
-
netD ( 7 hosts): 204.24.93.80/28 =>
ada 14 hosts; tidak terpakai 7 hosts
-
netC ( 2 hosts): 204.24.93.96/30 =>
ada 2 hosts; tidak terpakai 0 hosts
Mencari IP Network,
Host min, Host max, Broadcast, Hosts/net Dalam Format
Decimal
bit IP : 0-7. 8-15 .
16-23 . 24-31
net prefix: 8 . 16 . 24
. 32
Classful IP Address:
class A : 1.0.0.0 s/d
126.255.255.255
class B : 128.0.0.0 s/d
191.255.255.255
class C : 192.0.0.0 s/d
223.255.255.255
Netmask default:
class A : /8(netprefix)
atau 255.0.0.0
class B :
/16(netprefix) atau 255.255.0.0
class C :
/24(netprefix) atau 255.255.255.0
Rumusan: IP = oct1 .
oct2 . oct3 . oct4
Netmask = mask_oct1 .
mask_oct2 . mask_oct3. mask_oct4
Wildcard =
255.255.255.255 – Netmask
net1 =
int(oct1:(256-mask_oct1)x(256-mask_oct1)
net2 = int(oct2:(256-mask_oct2)x(256-mask_oct2)
net3 =
int(oct3:(256-mask_oct3)x(256-mask_oct3)
net4 =
int(oct4:(256-mask_oct4)x(256-mask_oct4)
Network =
net1.net2.net3.net4
Broadcast = Network +
Wildcard
Host min = Network +
0.0.0.1
Host max = Broadcast - 0.0.0.1
Host/net =
(2^(32-netprefix))-2
Classful merupakan
metode pembagian IP address berdasarkan kelas dimana IP address ( yang
berjumlah sekitar 4 milyar ) dibagi kedalam lima kelas yakni :
-
Address kelasA. 1 bit pertama IP
Address-nya"0"
-
Address kelas B. 2 bit pertama IP
Address-nya"10"
-
Address kelas C. 3 bit pertama IP
Address-nya"110"
-
Address kelas D. 4 bit pertama IP
Address-nya"1110"
-
Address kelas E. 4 bit pertama IP
Address-nya"1111"
Kegiatan Belajar 11
Peralatan Jaringan
Ada beberapa
peralatan yang digunakan
dalam jaringa
. Peralatan ini adalah :
. Peralatan ini adalah :
1. Network Interface
Card
Dalam
memilih network interface card, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.
Pertimbangan-pertimbangan ini sangat penting untuk diperhatikan, yaitu :
- Tipe jaringan seperti Ethernet
LANs, Token Ring, atau Fiber Distributed Data Interface (FDDI).
- Tipe Media seperti Twisted
Pair, Coaxial, Fiber-Optic, dan Wireless.
- Tipe Bus seperti ISA dan PCI
2. PCMCIA Network
Interface Card
PCMCIA
card adalah card jaringan yang digunakan untuk terhubung kedalam sebuah
jaringan tanpa menggunakan kabel.
3. Modem
Modem atau
Modul the Modulator
adalah peralatan jaringan
yang digunakan untuk terhubung ke
jaringan internet menggunakan kabel telepon.
4. HUB/Switch
HUB
atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN.
Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star. Perbedaan
antara HUB dan Switch
adalah kecepatan transfer datanya. Yaitu 10:100 Mbps.
5. Bridge
Bridge adalah
peralatan jaringan yang
digunakan untuk memperluas
atau memecah jaringan. Bridge
berfungsi untuk menghubungkan
dan menggabungkan media jaringan
yang tidak sama
seperti kabel unshielded twisted
pair (UTP) dan kabel fiber-optic,
dan untuk menggabungkan arsitektur jaringan yang berbeda seperti Token Ring
dan Ethernet.
6. Router
Router adalah
peralatan jaringan yang
digunakan untuk memperluas
atau memecah jaringan dengan
melanjutkan paket-paket dari
satu jaringan logika
ke jaringan yang lain.
Router banyak digunakan
di dalam internetwork
yang besar menggunakan keluarga
protocol TCP/IP dan
untuk menghubungkan semua
host TCP/IP dan Local
Area Network (LAN)
ke internet menggunakan dedicated leased line.
Saat ini, masih
banyak perusahaan menggunakan
router Cisco 2500 series untuk mengkoneksikan dua buah LAN (WAN
dengan anggota dua LAN), LAN ke ISP (Internet
Service Provider).
7. Crimping Tools
Crimping
tools berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan
instalasi Networking.
Kegiatan Belajar 13
Sistem Operasi Windows Server
Sistem
operasi (sering disebut OS) adalah perangkat lunak yang bertugas untuk
melakukan kontrol,manajemen perangkat
keras serta operasi-operasi dasar sistem dan memberikan kemudahan
penggunaan komputer ke pemakai. Sistem operasi
ini mengontrol penyimpanan
data, masuk,keluar dari
satu perangkat ke perangkat
lainnya. Secara umum,
Sistem operasi merupakan
perangkat lunak pertama di
tempatkan oleh komputer dalam memorinya saat komputer dinyalakan atau di
hidupkan.Setelah Sistem Operasi
berjalan dengan baik,
baru kemudian
perangkat-perangkat lunak lain
dijalankan. Semua perangkat
lunak yang di jalankan akan mendapat layanan dari sistem
operasi.
Windows Server adalah
merek dagang untuk
sistem operasi server yang
dirilis oleh Microsoft
Corporation. Nama ini
telah digunakan untuk
rilis software berikut :
1.
Windows 2000 Server, rilis yang dibuat berdasarkan Windows 2000
2.
Windows Server 2003, rilis Windows Server yang beredar sebelum Windows Server
2008
3.
Windows Server 2008,
rilis Windows Server
yang sedang diedarkan
oleh Microsoft
4.
Windows Server 7, rilis Windows Server selanjutnya
5.
Windows Small Business
Server, sistem operasi
Windows Server untuk kalangan bisnis kelas-kecil
6.
Windows Essential Business
Server, produk yang
serupa dengan Small Business Server, tapi untuk kalangan
bisnis kelas-menengah
7.
Windows Home Server, produk server untuk kalangan rumahan dengan fitur : file
sharing dan streaming, backup otomatis dan remote access.
KEGIATAN BELAJAR 15
Sistem Operasi Unix Server
UNIX adalah sistem operasi yang mula-mula dikembangkan oleh suatu
kelompok di AT & T pada laboatorium Bell. Unix banyak digunakan baik untuk
server maupun workstation. Linkungan Unix dan model program client-server
menunjukkan bahwa
Unix lebih dikembangkan sebaga sistem operasi yang kuat di jaringan komputer dari
pada sistem operasi untuk computer personal. UNIX dirancang untuk portable, multitasking, dan multi-user. Konsep utama Unix antara lain banyak menggunakan file
teks biasa untuk menyimpan data, menggunakan sistem file berjenjang,
memperlakukan perangkat sebagai suatu file, dan menggunakan banyak program
kecil yang eksekusinya pada CLI dapat digabung dengan tanda pipeline (|). Konsep
yang sangat solid dan stabil membuat Unix banyak dijadikan dasar sistem operasi
modern. Sistem UNIX terdiri dari beberapa komponen yang biasanya dipaket
bersama. UNIX adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai
jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell
Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.
Unix lebih dikembangkan sebaga sistem operasi yang kuat di jaringan komputer dari
pada sistem operasi untuk computer personal. UNIX dirancang untuk portable, multitasking, dan multi-user. Konsep utama Unix antara lain banyak menggunakan file
teks biasa untuk menyimpan data, menggunakan sistem file berjenjang,
memperlakukan perangkat sebagai suatu file, dan menggunakan banyak program
kecil yang eksekusinya pada CLI dapat digabung dengan tanda pipeline (|). Konsep
yang sangat solid dan stabil membuat Unix banyak dijadikan dasar sistem operasi
modern. Sistem UNIX terdiri dari beberapa komponen yang biasanya dipaket
bersama. UNIX adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai
jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell
Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.
2. Pengertian dan Jenis Server
Server
adalah komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses
terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server
didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer
biasa), server juga menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai
sistem operasi jaringan. Contoh sistem
operasi server dari windows adalah
Windows NT 3.51, Windows NT 4.0, Windows 2000 Server dan Windows Server
2003, kemudian Sun Solaris, Unix. Sementara sistem operasi berbasis GNU/Linux
contohnya Ubuntu Server, Debian Server, Redhat, CentOS, dll Server biasanya terhubung dengan client dengan
kabel UTP dan sebuah kartu Jaringan (PCI atau ISA). Dilihat dari fungsinya,
server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server Aplikasi
(server untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh
Client), server data (untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara
langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi), maupun server proxy
(untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy).
Sejarah
unix
Ken thompson dari
laboratorium bell membuat versi awaldari unix dengan nama unics (Uni
plexed information and
computing servicess) suatu
nama yang di pengaruhi oleh sistem
opersi pendahulunya.
MULtTICS (multifexed information
and computing services)
multics sendiri juga
di ciptakan olek
Ken Thompson dengan
rekan2xnya versi pertama unix di selesaikan pada tahun 1969,din tulis dengan bahasab rakitan (assembly) pada komputer PDR 7 C
sebuah komputer pengeluaran digital equipment corporation. pada
tahun 1973 Ken
Thompson danb Denis
Ritche menulis ulang kernel
bagian inti dari
sistam v nix
denaga bahasa C
perkembangan inilah yang membuat unix kini dapat di terapkan pada
berbagai mesi , mengingat (adalah bahasa yang mengingat portabel mudah di
pindahkan). pemakaian unix pada mesin
lain di mulai pada tahun
1976/1977 saat itu
Denis Ritce dan
Stephen Johnson berhasil memindahkan sistem unix ke
sistem interdata 8/32 hal inilah yang menjasdi tambak sejarah yang
menunjukan keportabilitasan unix.
sekitar tahun 1975,
laboratorium memberikan unix ke universitas2x dengan imbalan yang sangat murah , salah satu universitas yang
akhirnya melahirkan unix yang
sangat populer adalah
universitas catalonia , barkeley
versi unixnya terkenal
dengan nama BSD
(barkeley software
distribution) . lisensi
unix yang bersifat
komersial di berikan
pertama kalin oleh
AT dan T ke
system onyx ,
sebuah perusahaan yangb
di dirikan olehBOB mars
dan kypmyers pada tahun
1978 saat itu
unix di anggap
sebagai sistem operasi
yang ampuh untuk menangani system 16 bit. pad dekade 80 an unix
berkembang dengan pesat termasuk pada
PC yang terkenal
oleh XENIX (santa
cruz operation) yang merupakan sistem
mikrosoft. Pada dekade
ini pula lahir
sistem v (1984
di kembangkan di computing
science reshearce group
, bell laboratoris
, new jersey) yang menjadi kiblt proyek yang di
sebut GNU LGNU`S not unix yang di kembangkan oleh yhe
free soft ware kondation
(FSF) tujuan dari
proyek ini adalah membangun sistem secara
unix yang bersifat
bebas royalti bagi
pemrogran dan pengembang. Proyek inilah yang kemudian hari
mendasari system operasi unix.
C. Ciri-ciri Sistem UNIX
- Sistem
multiuser : sejumlah pemakai dapat menggunakan sistem secara bersamaan.
- Sistem
multitasking : kemampuan sistem operasi yang memungkinkan seseorang dapat
melaksanakan tugas pada saat bersamaan.
- Sistem
portable : sistem Unix mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain.
- Sistem
directory berhirarki UNIX : memungkinkan pemakai mengorganisasikan
informasi atau
data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses.
D. Perbedaan Unix Dan Linux
Linux adalah antarmuka pengguna grafis OS yang
menyediakan dua tipe
dasar GUI Gnome
dan KDE sementara UNIX didirikan awalnya dengan
menggunakan kode
perintah. Kemudian UNIX juga dikonversi ke GUI dengan melihat
pasar konsumen.
The X yang terkenal Windows telah diciptakan untuk UNIX oleh AT
& T. Linux
dianggap sangat efisien dalam hal deteksi ancaman. Hal ini karena dua
fakta Linux
adalah OS masyarakat dan setiap kali user pertemuan virus tertentu ia
melapor kepada
masyarakat dan pengembang OS mulai membantu dia / nya.
E. Program di UNIX
- Pada implementasinya UNIX
dirancang bersifat modular,
ada sejumlah modul program yang menyusun sistem UNIX.
- Program yang ada di UNIX dapat dikategorikan
menjadi 2 golongan : Sistem Unix dasar dan Produk pihak ke tiga.
- Sistem
Unix dasar terbagi
menjadi 3 bagian
program, ditambah program
aplikasi yaitu: Utilitas , Shell danKernel.
- Program
aplikasi adalah program
yg dibuat oleh
pihak ketiga yang
biasanya dijual secara
terpisah dari sistem UNIX.
- Utilitas : Program yang
disediakan sistem Unix untuk melaksanakan tugas
tertentu, misalnya untuk Mengirimkan berita, Menyunting berita , Melakukan perhitungan dan Memanipulasi file.
- Kernel
: inti dari
sistem Unix yang mengontrol perangkat keras
dan melaksanakan berbagai
tugas, antara lain Mengendalikan akses
terhadap komputer , Manajemen sistem file dan penanganan
sekuriti ,Pelayanan operasi output dan input, Manajemen dan penjadwalan
proses ,Manajemen memori komputer.
- Shell
adalah Penterjemah pada
sistem Unix yang
merupakan jembatan antara pemakai dan system unix.
F.
Konsep UNIX
Dengan
definisi yang paling sederhana, UNIX adalah sistem operasi komputer -
software dasar
yang mengendalikan sistem komputer dan periferal. Dalam arti ini,
UNIX berperilaku
dengan cara yang sama bahwa PC mungkin lebih akrab sistem
operasi Windows
atau MacOS berperilaku.
G. Berbagai versi UNIX
Nama
|
Vendor
|
AIX
|
IBM
|
A/UX
|
Apple
(Macintosh)
|
BSD
|
University
of California
|
H. Beberapa sifat dan keistimewaan UNIX :
1. Portabilitas
2. Multiuser
3. Multitasking
4. Sistem File Hirarkikal
I. Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan
sistem UNIX yang
terkoneksi
kesebuah sistem jaringan ialah:
Berbagi sumber
daya komputer
Peningkatan
kehandalan.
Penghematan.
KEGIATAN BELAJAR 17
Membangun Jaringan Lokal
1. Konsep
Jaringan Komputer(Computer Network )
Jaringan
komputer merupakan sekumpulan komputer
yang dihubungkan melalui
media fisik (kabel) dan
software yang memfasilitasi komunikasi antara
komputer-komputer tersebut, yang terhubung melalui media fisik menggunakan kartu
jaringan (Network Interface
Card = NIC). Jaringan komputer digunakan untuk
sharing resource dan komunikasi online antar komputer atau orang.
Setiap orang
harus memasang printer pada
komputer agar memungkinkan
beberapa orang men-share
dan mengakses data
secara bersamaan. Apabila beberapa orang membutuhkan printer, maka
mereka dapat menggunakan printer yang tersedia pada jaringan.
A. Konsep Client – Server
Adalah jaringan
dimana komputer client
bertugas melakukan permintaan data dan server bertugas melayani
permintaan tersebut.
Client
Aplikasi ini
berfungsi :
- Memberikan interface bagi user
untuk melakukan tugas
- Format request data ke bentuk yang
dapat dimengerti oleh server
- Menampilkan hasil yang diminta pada
layar.
Server
Server khusus
digunakan untuk pemrosesan, penyimpanan dan manajemen
data. Server bertugas menerima request
dari client, mengolahnya dan
mengirimkan kembali hasilnya ke client. Untuk
itu server membutuhkan komputer khusus dengan spesifikasi hardware
yang jauh lebih
baik dibandingkan hardware
untuk client karene
komputer harus mampu melayani:
- Request secara simultan dalam
jumlah besar
- Aktivitas manajemen jaringan
- Menjamin keamanan pada resource
jaringan.
B. Media Transmisi
Selain
NIC media fisik yang
digunakan dalam jaringan
adalah kabel, dimana kabel ini digunakan sebagai media
transmisi. Media transmisi disini dapat berupa
twisted pair , kabel coaxial, dan serat optik.
2. LOCAL AREA
NETWORK
Jaringan
Komputer Lokal (LAN = Local Area Network) tumbuh dengan pesat sejak tahun
1989-an. LAN menjangkau area lokal
yang telah ditentukan, seperti ruang kantor, satu bangunan atau sekelompok
bangunan. Kebanyakan LAN diimplementasikan untuk mentransfer data diantara
pemakai dalam jaringan atau
membagikan sumber diantara
pemakai.
LAN juga
memungkinkan pemakai untuk bersama-sama menggunakan software
dan data yang
dihasilkan oleh software.
Sifat-sifat LAN
:
- Fleksibilitas (Keluwesan)
LAN dapat
menjalankan aplikasi dengan
pemrosesan yang berbeda dan
mempunyai kemampuan transfer
data
- Kecepatan
LAN dapat mempunyai transfer
data berkecapatan tinggi.
- Reliabilitas (Keandalan)
LAN
dapat
dikatakan andal jika semua
workstationnya mempunyai akses ke
jaringan menurut hak-hak yang
telah ditetapkan oleh
administrator jaringan. Tidak
ada workstation yang boleh mengkonsumsi kapasitas pemrosesan
LAN secara mayoritas.
- Hardware dan Software yang digunakan
bersama-sama
Pada LAN
ada peralatan khusus
yang disebut server,
yang digunakan untuk Pembagian.
- Interface Transparansi
akses jaringan
untuk pemakai tidak akan lebih
rumit daripada mengakses
fasilitas yang sama
dengan menggunakan interface yang berbeda.
- Adaptability (Kemampuan menyesuaikan diri)
Rancangan LAN
yang baik mempunyai
kemampuan mengakomodasi berbagai
hardware dan mudah
mengkonfigurasi ulang tanpa mengganggu pemakai.
- Akses ke LAN lain atau WAN
- Keamanan
Penyambungan dan
fleksibilitas jaringan komputer
lokal tidak boleh
dilakukan dengan mengurangi keamanannya.
- Pengelolaan Terpusat
Kebanyakan instalasi
LAN dimaksudkan untuk
mengurangi biaya dan mempermudah penggunaannya
- Kepemilikan Pribadi
Media
hardware, software dan pembawa data biasanya dimiliki oleh perusahaan atau jawatan
yang membeli LAN
C. Komponen LAN
:
Ada tiga kategori
utama peralatan yang membentuk komponen
hardware dari jaringan
area lokal., yaitu : Server
Sistem
komunikasi LAN Workstation
D. Topologi
Jaringan :
1. Topologi Bus
Umumnya
digunakan untuk jaringan
komputer yang terhubung
secara sederhana
sehingga komputer-komputer yang
terlibat di dalamnya
bisa
berkomunikasi
satu sama lainnya.
2. Topologi Ring
Merupakan
sebuah alternatif yang juga bisa diimplementasikan pada sebuah jaringan
komputer.
3. Topologi Star
Dirancang untuk mengatasi masalah kepadatan
jalur komunikasi. Pada
bagian
pusat
dari topologi ini terdapat sebuah “Hub/Switch”.
E. Protokol LAN :
LAN
mempunyai berbagai macam konfigurasi.
Hardware yang membentuk jaringan harus dikontrol oleh protokol
sehingga semua workstation pada sistem dapat saling berkomunikasi.
Membangun
Jaringan LAN
Material yang
diperlukan harus tersedia,
yaitu
- Crimping
Tool : alat
semacam tang yang
digunakan untuk
melekatkan kabel dengan
connector.
- Kabel Jaringan
(Twited Pair)
- Connector RJ45 : Biasanya RJ45
ini sudah menyatu dengan motherboard, tapi
terkadang dia punya card sendiri dinamakan Ethernet Card.
Pensetingan Jaringan LAN
Berikut adalah
langkah-langkah pensetingan :
- Tekan tombol > Control Panel
- Pilih Network and Internet
Connections. Kemudian Pilih Network Connection, setelah itu Klik lagi
Local Area Connection.
- Klik Tombol Propertis
- Kemudian pilih TCP/IP Pilih use the
following IP address. IP Address : bisa dipilih 192.168.1.1 sampai dengan
192.168.1.255 . Antara komputer IP Address tidak boleh sama dalam satu
jaringan LAN. Subnet Mask diisi 255.255.255.0 Default gateway dikosongkan. DNS juga
dikosongkan saja. Setelah selesai di klik OK terus.
- Pada Control Panel tadi pilih
Performance and Maintenance > System
Computer
Name nya diganti sesuai dengan ke inginan Anda asal janga sama dengan nama
komputer lainnya dalam satu jaringan LAN. Pilih Workgroup dan isi workgroup anda. Setelah itu klik tombol
OK.
- Lanjutkan dengan men test jaringan
kita dengan perintah ping.
- Click tombol start > run
kemudian ketik cmd atau command
- Selanjunya eksekusi dengan menekan
Enter.
KEGIATAN BELAJAR 19
Membangun Server
Berbagi data File dan Printer
1.
Pengertian Server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan
layanan tertentu dalam jaringan. Server dapat menjalankan aplikasi dan
mengontrol secara administratif terhadap sumber daya yang terdapat didalamnya.
Beberapa Kategori Jenis Fungsi server
antara lain adalah sebagai berikut :
1. Server Application ( Aplikasi Server )
Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan
berbagai macam aplikasi yang dapat
diakses oleh client.
2. Data Server ( Server Data )
Server datasendiri digunakan untuk
menyimpan data baik yang digunakan client
Secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
3. Server Proxy ( Proxy Server )
Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu
lintas di jaringan melalui pengaturan proxy.Kegunaan Server memang sangat
banyak bukan hanya untuk proxy saja yang sering kita kenal. Server yaitu
gunanya untuk situs internet, ilmu pengetahuan atau sekedar menyimpan
data.
Macam – Macam Server :
1. File Server
File Server adalah Komputer yang
besar untuk PC Greater kecepatan, penyimpanan dan pengolahan. Contoh File Sharing
yang sering kita akses seperti mediafire.com, rapidshare dsb.
2. Database Server
Database Server adalah komputer yang menyediakan layanan program aplikasi
pengolahan basis data yang kita kenal sebagai DBMS (Data Base Manajemen Sistem
).
3. Printer Server
Server ini digunakan sebagai pusat
layanan percetakan pagi client. Printer server biasanya digunakan oleh banyak
client dalam satu jaringan komputer. dengan ini dapat menghemat biaya pembelian
hardware printer karena hanya cukup 1 printer saja.
4. DNS Server
DNS server atau Domain Name Server berguna untuk menterjemahkan alamat
domain menjadi IP ( internet Protocol ).
5. Game Server
Game server adalah server yang digunakan untuk game saja, dan game server
ini digunakan oleh banyak pemain dalam sebuah game server. Client bisa bermain
dari lokasi mana saja.
6. Telnet Server
Telnet Server adalah server yang melayani service telnet. Telnet Server
berguna untuk meremote komputer dari jarak jauh melalui server telnet hanya
dengan login lalu telnet server akan mengarahkan tujuan yang diminta oleh
client.
7. Proxy Server
Proxy Server adalah server yang digunakan untuk memperkuat keamanan
jaringan. Proxy server digunakan untuk memfilter permintaan service keluar
maupun masuk dari client. Proxy Server juga dapat memblock IP Address sehingga
tidak dapat di akses oleh para client.
8. Mail Server
Mail Server adalah server yang melayani surat menyurat atau service
email. client dapat mengorganisasikan email yang masuk dan client dapat saling mengirim
dan menerima email secara berbarengan didalam suatu jaringan komputer.
9. Fax Server
Fax Server adalah server yang melayani layanan fax sebuah perusahaan atau
instansi. Dengan adanya fax server juga berguna untuk segala permintaan fax
hingga menerima fax.
10. Application Server
Application Server adalah server yang digunakan untuk menjalankan sebuah
aplikasi sehingga semua client dapat mengakses aplikasi bersamaan.
11. Streaming Media Server
Streaming Media Server adalah server yang digunakan untuk menjalankan
berbagai multimedia seperti video, musik, dan sebagainya. dan Client tidak
harus mendownloadnya dahulu untuk memutarnya karena ini dapat secara langsung
di putar.
12. Home Server
Home Server adalah server yang digunakan untuk layanan home intertainment
seperti musik, film, video khusus untuk layanan rumah. Home server bisa juga
ditambahkan berbagai service seperti web service, file service hingga backup
data.
2. Jaringan Client Server
Pengertian Client Server
Client adalah sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu
permintaan data atau layanan ke server.
Server adalah sistem atau proses yanbg
menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client . Secara fisik, sebuah
serevr dapat berupa komputer mainframe, mini-komputer, workstation, ataupun PC
atau peranti lain seperti printer, server tidak harus berupa sistem fisik,
tetapi juga suatu proses.
Client mempunyai kemampuan untuk
melakukan pemrosesan sendiri. Ketika sebuah client meminta suatu data ke
server, server akan segera menanggapinya dengan memberikan data yang diminta ke
client bersangkutan. Setelah diterima.
Client segera melakukan
pemprosesan.Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client
(biasanya aplikasi yang menggunakan GUI ) dengan server. Masing-masing client
dapat meminta data atau informasi dari server.
Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi
ada beberapa perbedaan karakteristik yaitu :
1.
Servis (layanan)
·
Hubungan antara proses yang berjalan pada
mesin yang berbeda
·
Pemisahan
fungsi berdasarkan ide layanannya.
·
Server sebagai provider, client sebagai
konsumen
2.
Sharing resources (sumber daya)
·
Server bisa melayani beberapa client pada waktu
yang sama, dan meregulasi akses
bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.
3.
Asymmetrical protocol (protokol yang tidak
simetris )
Many-to-one relationship antara client dan
server.Client selalu menginisiasikan
dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu secara pasif request dari client.
4.
Transparansi lokasi
Proses yang dilakukan server boleh terletak
pada mesin yang sama atau pada mesin yang berbeda melalui jaringan.Lokasi
server harus mudah diakses dari client.
5.
Mix-and-Match
Perbedaan server client platforms
6.
Pesan berbasiskan komunikasi
Interaksi server dan client melalui
pengiriman pesan yang menyertakan
permintaan dan jawaban.
7.
Pemisahan interface dan implementasi
Server bisa diupgrade tanpa mempengaruhi
client selama interface pesan yang
diterbitkan tidak berubah.
Poin-poin client server:
• Interoperabilitas
• Client, sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu
permintaan data atau layanan ke server
• Server, sistem atau
proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client
• Sistem informasi dapat dibangun dengan menggunakan
perangkat lunak gado-gado
Implementasi client-server
• Aplikasi pesan, misalnya surat elektronis (email)
• Penyebaran basis data pada beberapa jaringan komputer
• Memungkinkan berbagi berkas atau periferal atau
pengaksesan komputer melalui jarak jauh
• Pemrosesan aplikasi yang intensif dengan suatu pekerjaan
(job) dibagi menjadi tugas-tugas (task) yang masing-masing dilaksanakan pada
komputer yang berbeda
Bagus kok,,
BalasHapusMakasih yah.
Pasti lama buat Web ini :v
Aufa.bimassa@yahoo.com ini fb saya
Makasih yah
salam kenal dari masa depan
Hapusbagus
BalasHapusErerere
BalasHapusErerere
BalasHapusmakasih maaf ikut covas buat anak-anak sekolah ini, semoga bermanfaat
BalasHapus