Kamis, 09 Juni 2016

Rangkuman Materi Jaringan Dasar Kelas X Semester Genap

Materi Jaringan Dasar Kelas X

Kegiatan Belajar  1
PROTOKOL NETWARE
1)      NETWARE
NetWare berkembang dari konsep yang sangat sederhana: file sharing, bukan disk berbagi. Tahun 1983 ketika pertama versi NetWare dirancang, semua produk lainnya bersaing didasarkan pada konsep berbagi langsung menyediakan akses disk. Novell alternatif dari pendekatan telah divalidasi oleh IBM pada tahun 1984 dan membantu mempromosikan produk mereka. Dengan Novell NetWare, ruang disk yang dipakai bersama-sama dalam bentuk NetWare volumes, dibandingkan volume ke DOS. Klien harus masuk ke server untuk bisa mengembangkan peta volume, dan akses dapat dibatasi sesuai dengan nama login. Demikian pula, mereka dapat terhubung ke printer bersama berdedikasi pada server, dan cetak seperti printer yang terhubung secara lokal. Pada akhir 1990-an, dengan konektivitas Internet booming, Internet’s TCP / IP protokol menjadi dominan di Lans. Novell telah memperkenalkan terbatas TCP / IP dukungan terhadap klien file dan layanan cetak biasanya terkait dengan NetWare telah diperkenalkan di NetWare v5.0 (dirilis pada 1998).
2)      NetWare : Sistem Network Operating System (NOS) dan Protokol Suite
Novell NetWare adalah sebuah Network Operating System (NOS) yang menyediakan akses file, remote transparan dan berbagai layanan jaringan terdistribusi, seperti sharing printer, email transfer dan akses database.
NetWare berjalan pada lima lapisan model referensi OSI, berjalan pada media protokol apapun mulai dari Layer 2. Selain itu, NetWare berjalan pada hampir semua jenis system komputer dari Computer ke mainframe. NetWare dan protokol pendukungnya sering hidup berdampingan di saluran fisik yang sama dengan banyak protokol populer lainnya, termasuk TCP / IP, DECnet, dan AppleTalk.
Novell NetWare mendukung permintaan layanan seperti akses file dan akses printer dari server. Arsitektur Client - Server Client juga mendukung akses remote transparan bagi pengguna netware melalui prosedur remote panggilan. Yaitu Sebuah prosedur panggilan yang dimulai ketika program Computer lokal pada client mengirimkan sebuah prosedur panggilan ke server. Kemudian server mengeksekusi prosedur remote panggilan tsb dan mengembalikan informasi yang diminta ke Client.
Efisiensi NetWare Core Protocol (NCP)
Kebanyakan protokol jaringan yang digunakan pada saat NetWare dikembangkan tidak mempercayai jaringan untuk menyampaikan pesan. J khas membaca file klien akan bekerja seperti ini:
1. Membaca klien mengirimkan permintaan ke server
2. Server mengakui permintaan
3. Klien mengakui sambutan
4. Server akan mengirimkan data yang diminta ke klien
5. Klien mengakui data
6. Server mengakui penghargaan.
Sebaliknya, NCP didasarkan pada gagasan bahwa jaringan bekerja dengan sempurna sebagian besar waktu, sehingga jawaban untuk permintaan menjabat sebagai pengakuan. Berikut adalah contoh dari permintaan klien membaca menggunakan model ini:
1. Client mengirimkan permintaan ke server dibaca
2. Server mengirimkan data yang diminta ke klien
Semua permintaan berisi nomor urut, jadi jika klien tidak menerima tanggapan dalam jumlah yang tepat waktu yang akan mengirim ulang permintaan dengan nomor urut yang sama. Jika server sudah diproses permintaan itu akan mengirim ulang respon cache, jika belum punya waktu untuk memproses permintaan itu hanya akan mengirim data.

Xerox Network Services
Xerox Network Services (umum XNS) adalah sebuah protokol suite promulgated oleh Xerox, yang disediakan routing dan pengiriman paket, serta fungsi tingkat tinggi seperti streaming yang handal, dan jauh prosedur panggilan.
Packet (pup) protokol suite ada dilakukan pada akhir tahun 1970-an; beberapa protokol dalam suite XNS telah dimodifikasi ringan versi yang pup di kamar. XNS dimaksudkan untuk menjadi komersial keturunan penelitian / pengembangan berorientasi PUP.
IDP adalah keturunan dekat pup dari internetwork protokol, dan kira-kira terkait dengan IP (Internet Protocol) di lapisan TCP / IP. Didesain dari awal untuk melengkapi Ethernet Local Area Network (juga dikembangkan oleh Xerox), yang penuh XNS alamat jaringan terdiri dari 32-bit nomor jaringan, yang 48-bit alamat host, dan 16-bit socket nomor; host alamat biasanya host dari alamat MAC.

Ether Talk
EtherTalk merupakan implementasi dari IEEE ( Institute of Electrical dan Electronics Engineers) 802,3 Ethernet standar untuk komputer Apple Macintosh. EtherTalk Adapters disediakan oleh Apple termasuk media untuk Adapters tipis kawat koaksial, twisted-pasangan kabel, dan kabel fiber optik. Card yang disebut Ethernet NuBus (NB) kartu untuk Macintosh IIS atau kartu Ethernet LC untuk Macintosh LCS. Eksternal adaptor juga tersedia untuk non-NuBus sistem. It attaches ke SCSI (Small Computer Sistem Interface) port.

Novell NetWare adalah sebuah Network Operating System (NOS) yang menyediakan akses file, remote transparan dan berbagai layanan jaringan terdistribusi, seperti sharing printer, email transfer dan akses database. NetWare berjalan pada lima lapisan model referensi OSI, berjalan pada media protokol apapun mulai dari Layer 2. Selain itu, NetWare berjalan pada hampir semua jenis system komputer dari Computer ke mainframe. NetWare dan protokol pendukungnya sering hidup berdampingan di saluran fisik yang sama dengan banyak protokol populer lainnya, termasuk TCP / IP, DECnet, dan AppleTalk.
Novell NetWare, diperkenalkan pada awal tahun 80an didasarkan pada Xerox Network Systems (Norton AntiVirus), didasarkan pada Arsitektur Client - Server Client. Novell NetWare mendukung permintaan layanan seperti akses file dan akses printer dari server. Arsitektur Client - Server Client juga mendukung akses remote transparan bagi pengguna netware melalui prosedur remote panggilan. Yaitu Sebuah prosedur panggilan yang dimulai ketika program Computer lokal pada client mengirimkan sebuah prosedur panggilan ke server. Kemudian server mengeksekusi prosedur remote panggilan tsb dan mengembalikan informasi yang diminta ke Client.


Kegiatan Belajar 3
SEJARAH TCP/IP

1.Sejarah TCP/IP
Sejarah TCP/IP dimulainya dari lahirnya ARPANET yaitu jaringan paket switching digital yang didanai oleh DARPA (Defence Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1969.Sementara itu ARPANET terus bertambah besar sehingga protokol yang digunakan pada waktu itu tidak mampu lagi menampung jumlah node yang semakin banyak.Oleh karena itu DARPA mendanai pembuatan protokol komunikasi yang lebih umum, yakni TCP/IP.Ia diadopsi menjadi standard ARPANET pada tahun 1983.
Pada awalnya internet digunakan untuk menunjukan jaringan yang menggunakan internet protocol (IP) tapi dengan semakin berkembangnya jaringan, istilah ini sekarang sudah berupa istilah generik yang digunakan untuk semua kelas jaringan.Internet digunakan untuk menunjuk pada komunitas jaringan komputer worldwide yang saling dihubungkan dengan protokol TCP/IP.
Perkembangan TCP/IP yang diterima luas dan praktis menjadi standar de-facto jaringan komputer berkaitan dengan ciri-ciri yang terdapat pada protokol itu sendiri yang merupakan keunggulun dari TCP/IP, yaitu :
·      Perkembangan protokol TCP/IP menggunakan standar protokol terbuka
·      Tidak tergantung pada perangkat keras atau sistem operasi jaringan tertentu
·      Cara pengalamatan bersifat unik dalam skala global
·      TCP/IP memiliki fasilitas routing


 Arsitektur dan Protokol Jaringan TCP/IP
Dalam arsitektur jaringan komputer, terdapat suatu lapisan-lapisan ( layer ) yang memiliki tugas spesifik serta memiliki protokol tersendiri. ISO (International Standard Organization) telah mengeluarkan suatu standard untuk arsitektur jaringan komputer yang dikenal dengan nama Open System Interconnection ( OSI ). Standard ini terdiri dari 7 lapisan protokol yang menjalankan fungsi komunikasi antara 2 komputer. Dalam TCP/IP hanya terdapat 5 lapisan sbb :
·       Physical Layer
·       Data Link Layer
·       Network Layer
·       Transport Layer
·       Session Layer
·       Presentation Layer
·       Application Layer

Setiap paket IP membawa data yang terdiri atas :
·           Version, yaitu versi dari protokol IP yang dipakai.
·           Header Length, berisi panjang dari header paket IP dalam hitungan 32 bit word.
·           Type of Service, berisi kualitas service yang dapat mempengaruhi cara penanganan paket IP.
·           Total length Of Datagram, panjang IP datagram total dalam ukuran byte.
·           Identification, Flags, dan Fragment Offset, berisi data yang berhubungan fragmentasi paket.
·           Time to Live, berisi jumlah router/hop maksimal yang dilewati paket IP (datagram). Nilai maksimum field ini adalah 255. Setiap kali paket IP lewat satu router, isi dari field ini dikurangi satu. Jika TTL telah habis dan paket tetap belum sampai ke tujuan, paket ini akan dibuang dan router terakhir akan mengirimkan paket ICMP time exceeded. Hal ini dilakukan untuk mencegah paket IP terus menerus berada dalam network.
·           Protocol, mengandung angka yang mengidentifikasikan protokol layer atas pengguna isi data dari paket IP ini.
·           Header Checksum, berisi nilai checksum yang dihitung dari jumlah seluruh field dari header paket IP.Sebelum dikirimkan, protokol IP terlebih dahulu menghitung checksum dari header paket IP tersebut untuk nantinya dihitung kembali di sisi penerima. Jika terjadi perbedaan, maka paket ini dianggap rusak dan dibuang.
·           Source Address dan Destination Address, isi dari masing-masing field ini cukup jelas, yakni alamat pengirim dan alamat penerima dari datagram. Masing-masing field terdiri dari 32 bit, sesuai panjang IP Address yang digunakan dalam Internet. Destination address merupakan field yang akan dibaca oleh setiap router untuk menentukan kemana paket IP tersebut akan diteruskan untuk mencapai destination address tersebut. Struktur IP Address ini secara lebih jelas akan diuraikan pada bagian selanjutnya.

Pembagian Kelas IP Address
IP address digunakan sebagai alamat dalam hubungan antar host di internet sehingga merupakan sebuah sistem komunikasi yang universal karena merupakan metode pengalamatan yang telah diterima di seluruh dunia. Jika suatu komputer memiliki lebih dari satu interface (misalkan menggunakan dua ethernet) maka kita harus memberi dua IP address untuk komputer tersebut masing-masing untuk setiap interfacenya.
IP address terdiri dari bilangan biner 32 bit yang dipisahkan oleh tanda titik setiap 8 bitnya. Tiap 8 bit ini disebut sebagai oktet.
IP Address dapat dipisahkan menjadi 2 bagian, yakni bagian network (net ID) dan bagian host (host ID). Net ID berperan dalam identifikasi suatu network dari network yang lain, sedangkan host ID berperan untuk identifikasi host dalam suatu network. Jadi, seluruh host yang tersambung dalam jaringan yang sama memiliki net ID yang sama.
Aturan Dasar Pemilihan network ID dan host ID
Berikut adalah aturan-aturan dasar dalam menentukan network ID dan host ID yang digunakan :
·         Network ID tidak boleh sama dengan 127. Network ID 127 secara default digunakan sebagai alamat loopback yakni IP address yang digunakan oleh suatu komputer untuk menunjuk dirinya sendiri.
·         Network ID dan host ID tidak boleh sama dengan 255 . Network ID atau host ID 255 akan diartikan sebagai alamat broadcast. ID ini merupakan alamat yang mewakili seluruh jaringan.
·         Network ID dan host ID tidak boleh sama dengan 0 . IP address dengan host ID 0 diartikan sebagai alamat network. Alamat network digunakan untuk menunjuk suatu jaringn bukan suatu host.
·         Host ID harus unik dalam suatu network. Dalam suatu network tidak boleh ada dua host yang memiliki host ID yang sama.


Kegiatan Belajar 5
Jaringan Peer-to-peer (P2P)

Peer-to-peer (P2P) komputer atau jaringan adalah arsitektur aplikasi terdistribusi yang partisi tugas atau beban kerja antara rekan-rekan. Peer sama-sama istimewa, peserta equipotent dalam aplikasi. Mereka dikatakan membentuk jaringan peer-to-peer node.
Peer membuat sebagian dari sumber daya mereka, seperti kekuatan pemrosesan, penyimpanan disk atau bandwidth jaringan, langsung tersedia untuk peserta jaringan lain, tanpa memerlukan koordinasi pemerintah pusat dengan server atau host yang stabil. Peer keduanya pemasok dan konsumen sumber daya, berbeda dengan model client-server tradisional di mana hanya server pasokan, dan klien konsumsi.
Struktur aplikasi peer-to-peer dipopulerkan oleh sistem file sharing seperti Napster. Paradigma komputasi peer-to-peer telah mengilhami struktur baru dan filsafat di daerah lain interaksi manusia. Dalam konteks sosial, peer-to-peer sebagai meme yang mengacu pada jejaring sosial egaliter yang saat ini muncul di seluruh masyarakat, dimungkinkan oleh teknologi internet pada umumnya.

Aplikasi Ada berbagai aplikasi jaringan peer-to-peer. Yang paling umum dikenal adalah untuk distribusi konten
Pengiriman Konten
* Banyak jaringan berbagi file, seperti Gnutella, FastTrack dipopulerkan G2 dan teknologi peer-to-peer. Sejak tahun 2004, adalah penyumbang terbesar dari lalu lintas jaringan di Internet.
* Peer-to-peer jaringan pengiriman konten (P2P-CDN) (Giraffic, Kontiki, Ignite, RedSwoosh).
 * Perangkat Lunak publikasi dan distribusi (Linux, beberapa permainan); melalui jaringan file sharing.
* Streaming media. P2PTV dan PDTP. Aplikasi termasuk TVUPlayer, Joost, CoolStreaming, Cybersky-TV, PPLive, LiveStation
* Spotify menggunakan jaringan peer-to-peer bersama dengan streaming server untuk streaming musik ke pemutar musik desktop.
* Peercasting untuk multicasting sungai. Lihat PeerCast, IceShare, FreeCast, Rawflow
* Pennsylvania State University, MIT dan Simon Fraser University membawa pada sebuah proyek yang disebut LionShare dirancang untuk memudahkan file sharing antar lembaga pendidikan global.
* Osiris (tanpa server Portal System) memungkinkan pengguna untuk membuat portal web anonim dan otonom didistribusikan melalui jaringan P2P. Jaringan
* Domain Name System, untuk pengambilan informasi internet. d. Perbandingan DNS perangkat lunak server
* Awan komputasi
* Dalesa peer-to-peer web cache untuk LAN (berdasarkan IP multicasting).

Sains
* Dalam bioinformatika, obat identifikasi calon. Program tersebut pertama dimulai pada tahun 2001 Pusat Komputasi Penemuan Obat di Universitas Oxford bekerjasama dengan Yayasan Nasional untuk Penelitian Kanker. Ada beberapa program serupa beberapa saat berjalan di bawah Amerika Devices Cancer Research Project.
* Mesin pencari P2P sciencenet.
* BOINC

 Pencarian
* YaCy, mesin pencari gratis didistribusikan, dibangun di atas prinsip-prinsip jaringan peer-to-peer.

jaringan Komunikasi
* Skype, salah satu aplikasi internet yang paling banyak digunakan telepon menggunakan teknologi P2P.
 * VoIP (protokol layer menggunakan aplikasi seperti SIP)
* Instant messaging dan chat online
* Lengkap desentralisasi jaringan peer: Usenet (1979) dan WWIVnet (1987).

 Umum
* Penelitian seperti proyek Chord, penyimpanan LALU utilitas, P-Grid, dan isi CoopNet sistem distribusi.
* JXTA, untuk aplikasi Peer. Lihat Collanos Tempat Kerja (Teamwork perangkat lunak), Sixearch.

Lain-lain
* Departemen Pertahanan AS telah memulai riset tentang jaringan P2P sebagai bagian dari strategi perang modern jaringan. Pada bulan Mei, 2003 Dr Tether. Direktur Defense Advanced Research Project Agency bersaksi bahwa Militer AS menggunakan jaringan P2P.
* Kato et al. 'S penelitian menunjukkan lebih dari 200 perusahaan dengan sekitar $ 400 juta USD berinvestasi di jaringan P2P. Selain File Sharing, perusahaan juga tertarik Mendistribusikan Computing, Distribusi Konten.
* Wireless komunitas jaringan, Netsukuku
* Sebuah generasi awal dari sistem peer-to-peer disebut "metacomputing" atau yang diklasifikasikan sebagai "middleware". Ini termasuk: Legion, Globus


Kegiatan Belajar 7
Protokol Pengalamatan IP.V4

·         Protokol
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.
·         Pengalamatan IP v4
IPv4 menggunakan notasi biner yang memiliki panjang 32 bit. Pada dasarnya, arsitektur IPv4 menganut konsep classful addressing, yaitu pembagian ruang alokasi alamat ke dalam 5 kelas (50% A, 25% B, 12.5% C, 6.25% D,dan6.25% E). Bila direpresentasikan dengan notasi desimal, pembagian kelas ini dapat dilihat dari byte/oktet pertama seperti pada Tabel :
Kelas
Byte pertama
A
0 – 127
B
128 – 191
C
192 – 223
D
224 – 247
E
248 – 255
Jenis alamat yang sering dipakai adalah alamat kelas A,B, dan C, sedangkan alamat kelas D biasanya digunakan untuk keperluan multicasting dan kelas E untuk keperluan Experimental. Pada IPv4 dikenal juga istilah subnet mask yaitu angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dan host ID.
·         IPv4 Address Syntax
Sistem pengalamatan pada IPv4 menggunakan notasi biner sebesar 32 bit yang dibagi atas 4 kelompok (setiap kelompok terdiri dari 8 bit atau oktet) dan tiap kelompok dipisahkan oleh sebuah tanda titik. IPv4 juga sering disebut sebagai sistem pengalamatan 4-oktet atau pengalamatan 4-bytes (1byte= 8bit).Untuk memudahkan pembacaan, penulisan alamat dilakukan dengan angka decimal dan diberi pemisah menggunakan tanda titik(dot).
Dibawah ini contoh pengelompokkan IPv4 menggunakan notasi w, x, y, z

Sebagai contoh misalnya 100.3.1.100 yang jika dinyatakan dalam binary menjadi 01100100.00000011.00000001.01100100. Dari 32 bit ini berarti banyaknya jumlah maksimum alamat yang dapat dituliskan adalah 2 pangkat 32, atau 4.294.967.296 alamat. Format alamat ini terdiri dari 2 bagian, netid dan hostid. Netid sendiri menyatakan alamat jaringan sedangkan hosted menyatakan alamat lokal (host/router). Dari 32 bit ini, tidak boleh semuanya angka 0 atau 1 (0.0.0.0 digunakan untuk jaringan yang tidak dikenal dan 255.255.255.255 digunakan untuk broadcast). Dalam penerapannya, alamat internet ini diklasifikasikan ke dalam kelas (A-E).Alasan klasifikasi ini antara lain :
-          Memudahkan sistem pengelolaan dan pengaturan alamat-alamat. 
-          Memanfaatkan jumlah alamat yang ada secara optimum (tidak ada alamat yang terlewat). 
-          Memudahkan pengorganisasian jaringan di seluruh dunia dengan membedakan jaringan tersebut termasuk kategori besar, menengah,atau kecil. 
-          Membedakan antara alamat untuk jaringan dan alamat untuk host/router
·         IPv4 Address Prefixes
Representasi prefix dari alamat IPv4 adalah menunjukkan banyaknya jumlah alamat pada IPv4.Unutk menetukan panjang notasi dari alamat prefix, kamu bisa memulainya dengan cara merubah seluruh variable bit menjadi 0, kemudian konversi ke notasi decimal, dan tambahka potongan bit yang telah ditentukan(panjang prefix) diawal pengalamatan. Sebagai contoh misalnya alamat IPv4 adalah 131.107.0.0/16 memiliki 16 bit yang telah ditentukan (100000011 01101011). Awali pengalamatan dengan 16 bit sebelumnya yang telah ditentukan, kemudian merubah 16 bit terahir menjadi bit 0, sehingga hasilnya menjadi 1000000111 01101011 00000000 00000000 atau 131.107.0.0. Kemudian tinggal menambahkan potongan bit yang telah ditentukan (/16) untuk merepresentasikan alamat prefix dari 131.107.0.0/16.
·         Types of IPv4 Addresses
Ada 3 model pengalamatan standar dari pengalamtan IPv4, yaitu :
-          Unicast
-          Multicast
-          Broadcast
Kegiatan Belajar 9 : Subnetting Classful
Subnetting adalah proses memecah suatu  IP jaringan ke sub jaringan yang lebih kecil yang disebut "subnet." Setiap subnet deskripsi non-fisik (atau ID) untuk jaringan- sub fisik (biasanya jaringan beralih dari host yang mengandung satu  router -router dalam jaringan multi). Subnet dibuat untuk membatasi ruang lingkup lalu lintas siaran, untuk menerapkan  keamanan jaringan tindakan, untuk memisahkan segmen jaringan berdasarkan fungsi, dan / atau untuk membantu dalam menyelesaikan masalah kemacetan jaringan.
VLSM dan Classful+Classless IP VLSM (Variable Length Subnet Mask) => Mengefisienkan alokasi IP blok subnet dalam network. Contoh: diberikan Class C network 204.24.93.0/24, ingin di subnet dengan kebutuhan berdasarkan jumlah host: netA=14 hosts, netB=28 hosts, netC=2 hosts, netD=7 hosts, netE=28 hosts. Secara keseluruhan terlihat untuk melakukan hal tersebut di butuhkan 5 bit host(2^5-2=30 hosts) dan 27 bit net, sehingga: 
-   netA (14 hosts): 204.24.93.0/27 => ada 30 hosts; tidak terpakai 16 hosts
-   netB (28 hosts): 204.24.93.32/27 => ada 30 hosts; tidak terpakai 2 hosts
-   netC ( 2 hosts): 204.24.93.64/27 => ada 30 hosts; tidak terpakai 28 hosts
-   netD ( 7 hosts): 204.24.93.96/27 => ada 30 hosts; tidak terpakai 23 hosts
-   netE (28 hosts): 204.24.93.128/27 => ada 30 hosts; tidak terpakai 2 hosts
Dengan demikian terlihat adanya ip address yang tidak terpakai dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah pada ip private akan tetapi jika ini di alokasikan pada ip public(seperti contoh ini) maka terjadi pemborosan dalam pengalokasian ip public tersebut. 
Untuk mengatasi hal ini (efisiensi) dapat digunakan metoda VLSM, yaitu dengan cara sebagai berikut:
Buat urutan berdasarkan penggunaan jumlah host terbanyak (14,28,2,7,28 menjadi 28,28,14,7,2). Tentukan blok subnet berdasarkan kebutuhan host:
28 hosts + 1 network + 1 broadcast = 30 --> menjadi 32 ip ( /27 )
14 hosts + 1 network + 1 broadcast = 16 --> menjadi 16 ip ( /28 )
7 hosts + 1 network + 1 broadcast = 9 --> menjadi 16 ip ( /28 )
2 hosts + 1 network + 1 broadcast = 4 --> menjadi 4 ip ( /30 )

Sehingga blok subnet-nya menjadi:
-            netB (28 hosts): 204.24.93.0/27 => ada 30 hosts; tidak terpakai 2 hosts
-            netE (28 hosts): 204.24.93.32/27 => ada 30 hosts; tidak terpakai 2 hosts
-            netA (14 hosts): 204.24.93.64/28 => ada 14 hosts; tidak terpakai 0 hosts
-            netD ( 7 hosts): 204.24.93.80/28 => ada 14 hosts; tidak terpakai 7 hosts
-            netC ( 2 hosts): 204.24.93.96/30 => ada 2 hosts; tidak terpakai 0 hosts

Mencari IP Network, Host min, Host max, Broadcast, Hosts/net Dalam Format
Decimal
bit IP : 0-7. 8-15 . 16-23 . 24-31
net prefix: 8 . 16 . 24 . 32 
Classful IP Address:
class A : 1.0.0.0 s/d 126.255.255.255
class B : 128.0.0.0 s/d 191.255.255.255
class C : 192.0.0.0 s/d 223.255.255.255

Netmask default:
class A : /8(netprefix) atau 255.0.0.0
class B : /16(netprefix) atau 255.255.0.0
class C : /24(netprefix) atau 255.255.255.0

Rumusan: IP = oct1 . oct2 . oct3 . oct4
Netmask = mask_oct1 . mask_oct2 . mask_oct3. mask_oct4
Wildcard = 255.255.255.255 – Netmask

net1 = int(oct1:(256-mask_oct1)x(256-mask_oct1)
net2 = int(oct2:(256-mask_oct2)x(256-mask_oct2)
net3 = int(oct3:(256-mask_oct3)x(256-mask_oct3)
net4 = int(oct4:(256-mask_oct4)x(256-mask_oct4)

Network = net1.net2.net3.net4
Broadcast = Network + Wildcard
Host min = Network + 0.0.0.1
Host max = Broadcast - 0.0.0.1
Host/net = (2^(32-netprefix))-2

Classful merupakan metode pembagian IP address berdasarkan kelas dimana IP address ( yang berjumlah sekitar 4 milyar ) dibagi kedalam lima kelas yakni : 
-       Address kelasA. 1 bit pertama IP Address-nya"0"
-       Address kelas B. 2 bit pertama IP Address-nya"10"
-       Address kelas C. 3 bit pertama IP Address-nya"110"
-       Address kelas D. 4 bit pertama IP Address-nya"1110"
-       Address kelas E. 4 bit pertama IP Address-nya"1111"





Kegiatan Belajar 11
Peralatan Jaringan
Ada  beberapa  peralatan  yang  digunakan  dalam  jaringa
.  Peralatan  ini  adalah :
1. Network Interface Card
Dalam memilih network interface card, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Pertimbangan-pertimbangan ini sangat penting untuk diperhatikan, yaitu :
  • Tipe jaringan seperti Ethernet LANs, Token Ring, atau Fiber Distributed Data Interface (FDDI).
  • Tipe Media seperti Twisted Pair, Coaxial, Fiber-Optic, dan Wireless.
  • Tipe Bus seperti ISA dan PCI
2. PCMCIA Network Interface Card
PCMCIA card adalah card jaringan yang digunakan untuk terhubung kedalam sebuah jaringan tanpa menggunakan kabel.
 3. Modem
Modem  atau  Modul  the  Modulator  adalah  peralatan  jaringan  yang  digunakan untuk terhubung ke jaringan internet menggunakan kabel telepon.
4. HUB/Switch
HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star. Perbedaan
antara HUB dan Switch adalah kecepatan transfer datanya. Yaitu 10:100 Mbps.
5. Bridge
Bridge  adalah  peralatan  jaringan  yang  digunakan  untuk  memperluas  atau memecah  jaringan.  Bridge  berfungsi  untuk  menghubungkan  dan  menggabungkan media  jaringan  yang  tidak  sama  seperti  kabel unshielded  twisted  pair (UTP)  dan kabel fiber-optic, dan untuk menggabungkan arsitektur jaringan yang berbeda seperti Token  Ring  dan  Ethernet.
6. Router
Router  adalah  peralatan  jaringan  yang  digunakan  untuk  memperluas  atau memecah  jaringan  dengan  melanjutkan  paket-paket  dari  satu  jaringan  logika  ke jaringan  yang  lain.  Router  banyak  digunakan  di  dalam  internetwork  yang  besar menggunakan  keluarga  protocol  TCP/IP  dan  untuk  menghubungkan  semua  host TCP/IP  dan  Local  Area  Network  (LAN)  ke  internet  menggunakan dedicated  leased line.  Saat  ini,  masih  banyak  perusahaan  menggunakan  router Cisco  2500  series untuk mengkoneksikan dua buah LAN (WAN dengan anggota dua LAN), LAN ke ISP (Internet  Service  Provider).
7. Crimping Tools
Crimping tools berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi Networking.

Kegiatan Belajar 13
Sistem Operasi Windows Server

Sistem operasi (sering disebut OS) adalah perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan  kontrol,manajemen  perangkat  keras  serta  operasi-operasi  dasar sistem dan memberikan kemudahan penggunaan komputer ke pemakai. Sistem operasi  ini  mengontrol  penyimpanan  data,  masuk,keluar  dari  satu  perangkat  ke perangkat  lainnya.  Secara  umum,  Sistem  operasi  merupakan  perangkat  lunak pertama di tempatkan oleh komputer dalam memorinya saat komputer dinyalakan atau  di  hidupkan.Setelah  Sistem  Operasi  berjalan  dengan  baik,  baru  kemudian perangkat-perangkat  lunak  lain  dijalankan.  Semua  perangkat  lunak  yang  di jalankan akan mendapat layanan dari sistem operasi.
Windows  Server adalah  merek  dagang  untuk  sistem  operasi  server yang  dirilis  oleh  Microsoft  Corporation.  Nama  ini  telah  digunakan  untuk  rilis software berikut :
1. Windows 2000 Server, rilis yang dibuat berdasarkan Windows 2000
2. Windows Server 2003, rilis Windows Server yang beredar sebelum Windows Server 2008
3. Windows  Server  2008,  rilis  Windows  Server  yang  sedang  diedarkan  oleh Microsoft
4. Windows Server 7, rilis Windows Server selanjutnya
5. Windows  Small  Business  Server,  sistem  operasi  Windows  Server  untuk kalangan bisnis kelas-kecil
6. Windows  Essential  Business  Server,  produk  yang  serupa  dengan  Small Business Server, tapi untuk kalangan bisnis kelas-menengah
7. Windows Home Server, produk server untuk kalangan rumahan dengan fitur : file sharing dan streaming, backup otomatis dan remote access.



KEGIATAN BELAJAR 15
Sistem Operasi Unix Server

UNIX adalah sistem operasi yang mula-mula dikembangkan oleh suatu kelompok di AT & T pada laboatorium Bell. Unix banyak digunakan baik untuk server maupun workstation. Linkungan Unix dan model program client-server menunjukkan bahwa
Unix lebih dikembangkan sebaga sistem operasi yang kuat di jaringan komputer dari
pada sistem operasi untuk computer personal. UNIX dirancang untuk portable, multitasking, dan multi-user. Konsep utama Unix antara lain banyak menggunakan file
teks biasa untuk menyimpan data, menggunakan sistem file berjenjang,
memperlakukan perangkat sebagai suatu file, dan menggunakan banyak program
kecil yang eksekusinya pada CLI dapat digabung dengan tanda pipeline (|). Konsep
yang sangat solid dan stabil membuat Unix banyak dijadikan dasar sistem operasi
modern. Sistem UNIX terdiri dari beberapa komponen yang biasanya dipaket
bersama. UNIX adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai
jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell
Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.
2.  Pengertian dan Jenis Server   
Server adalah komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer biasa), server juga menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.  Contoh sistem operasi server dari windows adalah  Windows NT 3.51, Windows NT 4.0, Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix. Sementara sistem operasi berbasis GNU/Linux contohnya Ubuntu Server, Debian Server, Redhat, CentOS, dll  Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah kartu Jaringan (PCI atau ISA). Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server Aplikasi (server untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh Client), server data (untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi), maupun server proxy (untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy).
Sejarah unix 
Ken  thompson dari  laboratorium bell membuat versi awaldari unix dengan nama unics  (Uni  plexed  information  and  computing  servicess)  suatu  nama  yang  di pengaruhi oleh  sistem  opersi  pendahulunya. MULtTICS  (multifexed  information  and  computing services) multics  sendiri  juga  di  ciptakan  olek  Ken  Thompson  dengan  rekan2xnya versi pertama unix di selesaikan pada  tahun 1969,din  tulis dengan bahasab  rakitan (assembly) pada komputer PDR 7 C sebuah komputer pengeluaran digital equipment corporation.  pada  tahun  1973  Ken  Thompson  danb  Denis  Ritche  menulis  ulang kernel  bagian  inti  dari  sistam  v  nix  denaga  bahasa  C  perkembangan  inilah  yang membuat unix kini dapat di terapkan pada berbagai mesi , mengingat (adalah bahasa yang mengingat portabel mudah di pindahkan). pemakaian unix pada mesin  lain di mulai  pada  tahun  1976/1977  saat  itu  Denis  Ritce  dan  Stephen  Johnson  berhasil memindahkan sistem unix ke sistem  interdata 8/32 hal  inilah yang menjasdi  tambak sejarah  yang  menunjukan  keportabilitasan  unix.  sekitar  tahun  1975,  laboratorium memberikan unix ke universitas2x dengan  imbalan yang sangat murah  , salah satu universitas  yang  akhirnya melahirkan  unix  yang  sangat  populer  adalah  universitas catalonia  ,  barkeley  versi  unixnya  terkenal  dengan  nama  BSD  (barkeley  software distribution)  .  lisensi  unix  yang  bersifat  komersial  di  berikan  pertama  kalin  oleh  AT dan  T  ke  system  onyx  ,  sebuah  perusahaan  yangb  di  dirikan  olehBOB mars  dan kypmyers  pada  tahun  1978  saat  itu  unix  di  anggap  sebagai  sistem  operasi  yang ampuh untuk menangani system 16 bit. pad dekade 80 an unix berkembang dengan pesat  termasuk  pada  PC  yang  terkenal  oleh  XENIX  (santa  cruz  operation)  yang merupakan  sistem  mikrosoft.  Pada  dekade  ini  pula  lahir  sistem  v  (1984  di kembangkan  di  computing  science  reshearce  group  ,  bell  laboratoris  ,  new  jersey) yang menjadi kiblt proyek yang di sebut GNU LGNU`S not unix yang di kembangkan oleh  yhe  free  soft ware  kondation  (FSF)  tujuan  dari  proyek  ini  adalah membangun sistem  secara  unix  yang  bersifat  bebas  royalti  bagi  pemrogran  dan  pengembang. Proyek inilah yang kemudian hari mendasari system operasi unix.
C.  Ciri-ciri Sistem UNIX 
- Sistem multiuser : sejumlah pemakai dapat menggunakan sistem secara bersamaan.
- Sistem multitasking : kemampuan sistem operasi yang memungkinkan seseorang dapat melaksanakan tugas pada saat bersamaan.
- Sistem portable : sistem Unix mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain.
- Sistem directory berhirarki UNIX : memungkinkan pemakai mengorganisasikan
informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses.
D.  Perbedaan Unix Dan Linux 
 Linux adalah antarmuka pengguna grafis OS yang menyediakan dua tipe
dasar GUI Gnome dan KDE sementara UNIX didirikan awalnya dengan
menggunakan kode perintah. Kemudian UNIX juga dikonversi ke GUI dengan melihat
pasar konsumen. The X yang terkenal Windows telah diciptakan untuk UNIX oleh AT
& T. Linux dianggap sangat efisien dalam hal deteksi ancaman. Hal ini karena dua
fakta Linux adalah OS masyarakat dan setiap kali user pertemuan virus tertentu ia
melapor kepada masyarakat dan pengembang OS mulai membantu dia / nya.
E.  Program di UNIX
  • Pada  implementasinya  UNIX  dirancang  bersifat  modular,  ada  sejumlah  modul program yang menyusun sistem UNIX.
  • Program yang ada di UNIX dapat dikategorikan menjadi 2 golongan : Sistem Unix dasar dan Produk pihak ke tiga.
  • Sistem  Unix  dasar  terbagi  menjadi  3  bagian  program,  ditambah  program  aplikasi yaitu: Utilitas , Shell danKernel.
  • Program  aplikasi  adalah  program  yg  dibuat  oleh  pihak  ketiga  yang  biasanya  dijual secara terpisah dari sistem UNIX.
  • Utilitas : Program  yang  disediakan  sistem Unix  untuk melaksanakan  tugas  tertentu, misalnya untuk Mengirimkan berita, Menyunting berita  , Melakukan perhitungan  dan Memanipulasi file.
  • Kernel  :  inti  dari  sistem Unix  yang mengontrol  perangkat  keras  dan melaksanakan berbagai  tugas,  antara  lain Mengendalikan  akses  terhadap  komputer  , Manajemen sistem file dan penanganan sekuriti ,Pelayanan operasi output dan input, Manajemen dan penjadwalan proses ,Manajemen memori komputer. 
  • Shell  adalah    Penterjemah  pada  sistem  Unix  yang  merupakan  jembatan  antara pemakai dan system unix.  
             F.  Konsep UNIX 
Dengan definisi yang paling sederhana, UNIX adalah sistem operasi komputer -
software dasar yang mengendalikan sistem komputer dan periferal. Dalam arti ini,
UNIX berperilaku dengan cara yang sama bahwa PC mungkin lebih akrab sistem
operasi Windows atau MacOS berperilaku.
G.   Berbagai versi UNIX
Nama
Vendor
AIX
IBM
A/UX
Apple (Macintosh)
BSD
University of California

H.  Beberapa sifat dan keistimewaan UNIX :
1.  Portabilitas
2.  Multiuser
3.  Multitasking
4.  Sistem File Hirarkikal
I.  Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan sistem UNIX yang
terkoneksi kesebuah sistem jaringan ialah:

Berbagi sumber daya komputer
Peningkatan kehandalan.
Penghematan.

KEGIATAN BELAJAR 17
Membangun Jaringan Lokal

1.  Konsep Jaringan Komputer(Computer Network )
Jaringan komputer merupakan sekumpulan  komputer yang  dihubungkan  melalui  media  fisik (kabel)  dan  software  yang  memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer tersebut, yang terhubung melalui media fisik menggunakan  kartu  jaringan  (Network  Interface  Card  =  NIC). Jaringan komputer digunakan untuk sharing resource dan komunikasi online antar komputer atau orang.
Setiap  orang  harus memasang  printer  pada  komputer agar memungkinkan  beberapa  orang  men-share  dan  mengakses  data  secara bersamaan. Apabila beberapa orang membutuhkan printer, maka mereka dapat menggunakan printer yang tersedia pada jaringan.
A.  Konsep Client – Server
Adalah  jaringan  dimana  komputer  client  bertugas melakukan permintaan data dan server bertugas melayani permintaan tersebut.
Client
Aplikasi ini berfungsi :
  • Memberikan interface bagi user untuk melakukan tugas
  • Format request data ke bentuk yang dapat dimengerti oleh server
  • Menampilkan hasil yang diminta pada layar.
Server
Server  khusus  digunakan  untuk  pemrosesan, penyimpanan  dan manajemen  data.  Server  bertugas menerima  request  dari  client, mengolahnya dan mengirimkan kembali hasilnya ke client. Untuk  itu server membutuhkan komputer khusus dengan spesifikasi hardware yang  jauh  lebih  baik  dibandingkan  hardware  untuk  client  karene  komputer  harus mampu melayani:
  • Request secara simultan dalam jumlah besar
  • Aktivitas manajemen jaringan
  • Menjamin keamanan pada resource jaringan.
B.  Media Transmisi
Selain NIC media  fisik  yang  digunakan  dalam  jaringan  adalah  kabel,  dimana kabel ini digunakan sebagai media transmisi. Media transmisi disini dapat berupa  twisted pair , kabel coaxial, dan serat optik.

2.  LOCAL AREA NETWORK
Jaringan Komputer Lokal (LAN = Local Area Network) tumbuh dengan pesat sejak tahun 1989-an. LAN menjangkau area  lokal yang  telah ditentukan, seperti  ruang kantor, satu bangunan atau sekelompok bangunan. Kebanyakan LAN diimplementasikan untuk mentransfer data diantara pemakai dalam  jaringan  atau  membagikan  sumber  diantara  pemakai.
LAN  juga  memungkinkan pemakai  untuk  bersama-sama menggunakan  software  dan  data  yang  dihasilkan oleh software.  
Sifat-sifat LAN :
  1. Fleksibilitas (Keluwesan)
LAN  dapat  menjalankan  aplikasi  dengan  pemrosesan  yang berbeda  dan  mempunyai  kemampuan  transfer  data
  1. Kecepatan
LAN  dapat mempunyai  transfer  data  berkecapatan  tinggi. 
  1. Reliabilitas (Keandalan)
LAN  dapat  dikatakan andal  jika semua workstationnya mempunyai akses ke  jaringan menurut hak-hak yang  telah  ditetapkan  oleh  administrator  jaringan.  Tidak  ada  workstation  yang boleh mengkonsumsi kapasitas pemrosesan LAN secara mayoritas.
  1. Hardware dan Software yang digunakan bersama-sama
Pada  LAN  ada  peralatan  khusus  yang  disebut  server,  yang  digunakan  untuk Pembagian.
  1. Interface Transparansi
akses  jaringan  untuk pemakai  tidak akan  lebih  rumit daripada mengakses  fasilitas  yang  sama  dengan menggunakan interface yang berbeda. 
  1. Adaptability (Kemampuan menyesuaikan diri)
Rancangan  LAN  yang  baik  mempunyai  kemampuan  mengakomodasi  berbagai   hardware  dan  mudah  mengkonfigurasi  ulang  tanpa mengganggu pemakai.
  1. Akses ke LAN lain atau WAN
  2. Keamanan
Penyambungan  dan  fleksibilitas  jaringan  komputer  lokal  tidak  boleh  dilakukan dengan mengurangi keamanannya.
  1. Pengelolaan Terpusat
Kebanyakan  instalasi  LAN  dimaksudkan  untuk  mengurangi  biaya  dan mempermudah penggunaannya
  1. Kepemilikan Pribadi
Media hardware, software dan pembawa data biasanya dimiliki oleh perusahaan atau  jawatan  yang  membeli  LAN
C. Komponen LAN :
Ada  tiga kategori  utama  peralatan  yang membentuk  komponen  hardware  dari  jaringan  area lokal., yaitu : Server
Sistem komunikasi LAN Workstation
D. Topologi Jaringan :
1.  Topologi Bus
Umumnya digunakan  untuk  jaringan  komputer  yang  terhubung
secara  sederhana  sehingga  komputer-komputer  yang  terlibat  di  dalamnya  bisa
berkomunikasi satu sama lainnya.
2. Topologi Ring
Merupakan sebuah alternatif yang juga bisa diimplementasikan pada sebuah jaringan komputer.  
3.  Topologi Star
Dirancang  untuk mengatasi masalah  kepadatan  jalur  komunikasi.  Pada  bagian
pusat dari topologi ini terdapat sebuah “Hub/Switch”.

E.  Protokol LAN :
LAN mempunyai berbagai macam konfigurasi.  Hardware  yang membentuk  jaringan harus dikontrol oleh protokol sehingga semua workstation pada sistem dapat saling berkomunikasi.
Membangun   Jaringan LAN
Material  yang  diperlukan  harus  tersedia,  yaitu 
  • Crimping  Tool  :  alat  semacam  tang  yang  digunakan  untuk melekatkan  kabel  dengan  connector.
  • Kabel Jaringan  (Twited  Pair)
  • Connector RJ45 : Biasanya  RJ45  ini  sudah menyatu  dengan motherboard,  tapi  terkadang  dia  punya card  sendiri dinamakan Ethernet Card.


Pensetingan Jaringan LAN
Berikut adalah langkah-langkah pensetingan :
  1. Tekan tombol > Control Panel
  2. Pilih Network and Internet Connections. Kemudian Pilih Network Connection, setelah itu Klik lagi Local Area Connection.
  3. Klik Tombol Propertis
  4. Kemudian pilih TCP/IP Pilih use the following IP address. IP Address : bisa dipilih 192.168.1.1 sampai dengan 192.168.1.255 . Antara komputer IP Address tidak boleh sama dalam satu jaringan LAN. Subnet Mask diisi 255.255.255.0  Default gateway dikosongkan. DNS juga dikosongkan saja. Setelah selesai di klik OK terus.
  5. Pada Control Panel tadi pilih Performance and Maintenance > System
Computer Name nya diganti sesuai dengan ke inginan Anda asal janga sama dengan nama komputer lainnya dalam satu jaringan LAN. Pilih Workgroup dan  isi workgroup anda. Setelah itu klik tombol OK.
  1. Lanjutkan dengan men test jaringan kita dengan perintah ping.
  2. Click tombol start > run kemudian ketik cmd atau command
  3. Selanjunya eksekusi dengan menekan Enter.

KEGIATAN BELAJAR 19
Membangun Server Berbagi data File dan Printer

1.       Pengertian Server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam jaringan. Server dapat menjalankan aplikasi dan mengontrol secara administratif terhadap sumber daya yang terdapat didalamnya.
Beberapa Kategori Jenis Fungsi server antara lain adalah sebagai berikut :
1.        Server Application ( Aplikasi Server )
    Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai  macam aplikasi yang dapat diakses oleh client. 
2.       Data Server ( Server Data )
Server datasendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client  Secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
3.        Server Proxy ( Proxy Server )
Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy.Kegunaan Server memang sangat banyak bukan hanya untuk proxy saja yang sering kita kenal. Server yaitu gunanya untuk situs internet, ilmu pengetahuan atau sekedar menyimpan data. 
Macam – Macam Server :
1.       File Server
 File Server adalah Komputer yang besar untuk PC Greater kecepatan, penyimpanan dan pengolahan. Contoh File Sharing yang sering kita akses seperti mediafire.com, rapidshare dsb.
2.       Database Server
Database Server adalah komputer yang menyediakan layanan program aplikasi pengolahan basis data yang kita kenal sebagai DBMS (Data Base Manajemen Sistem ).
3.       Printer Server
 Server ini digunakan sebagai pusat layanan percetakan pagi client. Printer server biasanya digunakan oleh banyak client dalam satu jaringan komputer. dengan ini dapat menghemat biaya pembelian hardware printer karena hanya cukup 1 printer saja. 
4.       DNS Server
DNS server atau Domain Name Server berguna untuk menterjemahkan alamat domain menjadi IP ( internet Protocol ). 
5.       Game Server
Game server adalah server yang digunakan untuk game saja, dan game server ini digunakan oleh banyak pemain dalam sebuah game server. Client bisa bermain dari lokasi mana saja. 
6.       Telnet Server
Telnet Server adalah server yang melayani service telnet. Telnet Server berguna untuk meremote komputer dari jarak jauh melalui server telnet hanya dengan login lalu telnet server akan mengarahkan tujuan yang diminta oleh client. 
7.       Proxy Server
Proxy Server adalah server yang digunakan untuk memperkuat keamanan jaringan. Proxy server digunakan untuk memfilter permintaan service keluar maupun masuk dari client. Proxy Server juga dapat memblock IP Address sehingga tidak dapat di akses oleh para client.  
8.       Mail Server
Mail Server adalah server yang melayani surat menyurat atau service email. client dapat mengorganisasikan email yang masuk dan client dapat saling mengirim dan menerima email secara berbarengan didalam suatu jaringan komputer.   
9.       Fax Server
Fax Server adalah server yang melayani layanan fax sebuah perusahaan atau instansi. Dengan adanya fax server juga berguna untuk segala permintaan fax hingga menerima fax. 
10.   Application Server
Application Server adalah server yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi sehingga semua client dapat mengakses aplikasi bersamaan.  
11.   Streaming Media Server
Streaming Media Server adalah server yang digunakan untuk menjalankan berbagai multimedia seperti video, musik, dan sebagainya. dan Client tidak harus mendownloadnya dahulu untuk memutarnya karena ini dapat secara langsung di putar. 
12.   Home Server
Home Server adalah server yang digunakan untuk layanan home intertainment seperti musik, film, video khusus untuk layanan rumah. Home server bisa juga ditambahkan berbagai service seperti web service, file service hingga backup data.

2.     Jaringan Client Server
Pengertian Client Server
  Client adalah sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke server.         
 Server adalah sistem atau proses yanbg menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client . Secara fisik, sebuah serevr dapat berupa komputer mainframe, mini-komputer, workstation, ataupun PC atau peranti lain seperti printer, server tidak harus berupa sistem fisik, tetapi juga suatu proses.
        Client mempunyai kemampuan untuk melakukan pemrosesan sendiri. Ketika sebuah client meminta suatu data ke server, server akan segera menanggapinya dengan memberikan data yang diminta ke client bersangkutan. Setelah diterima.
Client segera melakukan pemprosesan.Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client (biasanya aplikasi yang menggunakan GUI ) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server.  Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada beberapa perbedaan karakteristik yaitu :
1.       Servis (layanan) 
·         Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin     yang berbeda  
·          Pemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya.  
·         Server sebagai provider, client sebagai konsumen  
2.       Sharing resources (sumber daya)
·         Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan     meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin     konsistensinya.  
3.       Asymmetrical protocol (protokol yang tidak simetris ) 
Many-to-one relationship antara client dan server.Client selalu  menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu  secara pasif request dari client.
4.       Transparansi lokasi
Proses yang dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama atau pada mesin yang berbeda melalui jaringan.Lokasi server harus mudah diakses dari client.
5.       Mix-and-Match
Perbedaan server client platforms
6.       Pesan berbasiskan komunikasi 
Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan  permintaan dan jawaban.  
7.       Pemisahan interface dan implementasi 
Server bisa diupgrade tanpa mempengaruhi client selama interface pesan  yang diterbitkan tidak berubah.
Poin-poin client server:
• Interoperabilitas
• Client, sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke server
 • Server, sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client
• Sistem informasi dapat dibangun dengan menggunakan perangkat lunak gado-gado
Implementasi client-server
• Aplikasi pesan, misalnya surat elektronis (email)
• Penyebaran basis data pada beberapa jaringan komputer
• Memungkinkan berbagi berkas atau periferal atau pengaksesan komputer melalui jarak jauh

• Pemrosesan aplikasi yang intensif dengan suatu pekerjaan (job) dibagi menjadi tugas-tugas (task) yang masing-masing dilaksanakan pada komputer yang berbeda

6 komentar: